KPU Sulut Tunggu Pasokan Logistik, Dua Daerah Ini Belum Kebagian Surat Suara Pilpres dan DPD

KPU Sulut masih menanti pasokan logistik surat suara dan dokumen pendukung lainnya.

TRIBUNMANADO/RYO NOOR
Ketua KPU Sulut, Ardiles Mewoh 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO-KPU Sulut masih menanti pasokan logistik surat suara dan dokumen pendukung lainnya.

Ketua KPU Sulut, Ardiles Mewoh mengatakan, surat suara dimaksud untuk melengkapi dua kloter pasokan yang sudah masuk sebelumnya.

Ada dua daerah yang belum masuk surat suaranya yakni Minahasa Selatan (Minsel) dan Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel)

"Masih dua daerah menunggu Minsel dan Bolsel, karena masih kurang surat suara Pilpres dan DPD," kata Ardiles kepada Tribunmanado.co.id, Selasa (19/03/2019).

Sisanya daerah lain sudah lengkapi logistik surat suara. Tapi, KPU juga masih melakukan penyortiran surat suara yang cacat atau tak sesuai standar. "Surat suara cacat masih direkap totalnya, akam diganri sesuai kualitas dan standarnya," kata dia.

KPU menargetkan pekan ini semua daerah sudah dilengkapi pasokan surat suaranya, begitu pun dengan target pelipatan surat suara ditarget selesai pekan ini.

Sejauh ini tidak ada kendala distribusi, buktinya logistik sudah diterima KPU kabupaten/kita termasuk daerah kepulauan yang kerap dikhawatirkan Ia optimistis pada hari H 17 April 2019 semua sudah siap.

Baca: Berkendara Keliling Kota Manado, Sosialiasi Pemilu ala KPU Sulut dan Komunitas Motor

Sebelumnya, 18 Februari 2019, KPU Sulut mendapat pasokan 8 kontainer surat suara dikirimkan leeat Pelabuhan Bitung

Penyedia jasa cetak mengirimkan 4831 kardua surat suara. Ketua KPU Sulut mengatakan, dalam satu dus terdapat 1.000 surat suara, sehingga total ada 4.831.000 lembar surat suara untuk 15 daerah di Sulut

"Distribusi surat suara pemilu dan logistik lainnya dalam koordinasi dengan kepolisian dan Bawaslu; Kepolisian untuk pengawalan dan pengamanan, Bawaslu untuk pengawasan. Selanjutnya untuk teknisnya akan dilanjutkan di KPU kota dan kabupaten dan akan dilakukan penghitungan kembali surat suara dan selanjutnya dibuatkan berita acara," kata Ardiles.

Baca: KPU Sulut Target Partisipasi Pemilih 77,5 Persen

Distribusi dipantau langsung Kapolda Sulut Irjen Remigius Sigid Tri Hardjanto, Walikota Bitung Max Lomban serta Pimpinan Bawaslu Kenly Poluan .

Disela-sela acara pendistribusi, Kapolda Sulut menegaskan pendistribusian logistik Pemilu ini akan dikawal oleh Polisi berseragam sampai ke tujuannya sesuai dengan SOP pengawal.

“Teknis distribusi atau pengirimannya akan diatur oleh KPU, yang saya ingatkan kepada kalian semua (anggota Polri) laksanakan tugas ini dengan penuh rasa tangungjawab, kepada seluruh anggota agar dapat menjaga fisik dan semangat dalam melaksanakan tugas. Pastikan logistik pemilu itu sampai ke lokasi tujuan dengan aman,” ucap Kapolda di Terminal Petikemas Bitung. (ryo)

Berita Populer: Karyawati Bank Mandiri Dirampok dan Dianiaya Driver Taksi Online, Driver Ternyata Pakai Akun Teman

Penulis: Ryo_Noor
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved