Breaking News:

Pemilu 2019

Bawaslu Sitaro: Tak Boleh Libatkan Anak Kecil saat Kampanye Rapat Umum

Anak-anak dilarang dilibatkan dalam kampanye rapat umum. Bila melanggar, sanksi akan diterima penyelenggara, parpol atau caleg.

Tribun Manado
Sosialisasi peraturan terkait pelaksanaan kampanye rapat umum Pemilu 2019 di Little House, Ulu Siau, Selasa (12/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID, SIAU - Warga yang hendak menjadi peserta kampanye rapat umum tidak diperkenankan untuk melibatkan anak-anak.

Hal tersebut sempat dibahas dalam sosialisasi pengawasan kampanye rapat umum, media massa, dan media sosial Pemilu 2019 yang digelar oleh Bawaslu Sitaro, di Little House, Ulu Siau, Selasa (12/3/2019).

Selain Bawaslu sebagai tuan rumah, juga hadir KPU Sitaro, Panwascam, parpol, wartawan, dan undangan lainnya.

Kesempatan tersebut digunakan oleh KPU Sitaro untuk menjelaskan soal kampanye rapat umum, media massa, dan media sosial yang akan dimulai 24 Maret hingga 13 April 2019, yang disampaikan oleh Komisioner KPU Sitaro, Stevanus Kaaro dan Arter Tamaka.

Setelah itu dilanjutkan dengan penjelasan potensi pelanggaran kampanye oleh Bawaslu Sitaro yang disampaikan oleh Ketua Bawaslu Sitaro Fidel Mulombot.

Fidel menjelaskan, ada beberapa potensi pelanggaran Pemilu 2019 yang berhasil mereka rangkum, di antaranya ketidakpatuhan terhadap penyampaian tim kampanye dan pelaksana kampanye ke KPU tembusan ke Bawaslu.

"Ada juga pelibatan pihak yang dilarang diikutsertakan dalam kampanye sebagaimana diatur dalam Pasal 280 ayat 2 dan UU Nomor 7 Tahun 2017," jelasnya.

Pihak yang disebut, di antaranya adalah aparatur sipil negara.

Larangan juga mengenai penghinaan terhadap seseorang, suku, ras, agama, calon atau peserta lain, bisa menjadi potensi pelanggaran.

Halaman
12
Penulis: Alpen_Martinus
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved