Renungan Minggu

Renungan Minggu: Kasih Yang Mengubahkan

Ketika seseorang sedang mengalami kasih kepada seseorang yang sangat special dalam hidupnya, kasih itu sanggup mengubah aspek hidup orang tersebut

Renungan Minggu: Kasih Yang Mengubahkan
Tribun manado / Christian Wayongkere
Pdt Dr Elfira Adeleida Agaatsz M Teol 

Pdt Dr Elfira Adeleida Agaatsz M Teol
* Jemaat GMIM Kapoloan Paemanan Waleo Wilayah Kema

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Ketika seseorang sedang mengalami kasih kepada seseorang yang sangat special dalam hidupnya, kasih itu sanggup mengubah aspek hidup orang tersebut.

Yang tadinya tidak suka dandan, jadi suka dandan demi kasihnya. Yang tadinya cerewet, bisa jadi kalem.
Pokoknya berubah karena perasaan kasih tersebut. Ini juga yang dialami oleh Zakheus, seorang pemungut cukai yang sangat dibenci oleh orang Yahudi, karena pekerjaannya sebagai pemungut cukai, memungut lebih banyak yang seharusnya dia pungut dari rakyat.

Tetapi ketika Zakheus berjumpa dengan Yesus dan 'jatuh hati' pada Yesus, kasihnya pada Yesus dapat mengubahkan seluruh aspek hidupnya. Dan yang perlu dipahami adalah, kasih Zakheus kepada Yesus itu ada karena Yesus yang melihat Zakheus dan menawarkan diri menumpang di rumah Zakheus (ayat 5).

Baca: Renungan Minggu : Orang Beriman Selalu Hidup Bersyukur

Baca: RENUNGAN MINGGU: Full Service

Artinya Tuhan Yesuslah yang melayakkan Zakheus untuk mengalami kasih Allah dalam hidupnya. Menjadi pertanyaan bagi kita apakah Tuhan Yesus tidak mengenal Zakheus? Tentunya Tuhan Yesus sangat tahu karena Dia adalah Tuhan.

Tuhan Yesus mengenal Zakheus sebagai seorang berdosa dan memerlukan kasih Allah, berbeda dengan orang-orang di sekitar Zakheus yang memandangnya, sebagai orang berdosa dan tidak layak didekati (ayat 7).

Saudaraku, akibat dari Zakheus mengalami kasih Allah sungguh-sungguh mengubah aspek hidupnya. Zakheus akhirnya menjadi orang yang murah hati dan hidup dalam kasih dan ini sangat menyukakan hati Tuhan.

Hal seperti inilah yang Tuhan Yesus mau dari setiap orang yang mengalami kasih Allah dalam hidupnya, yaitu membagikan kasih Allah itu kepada sesama sehingga mereka juga mengalami kasih Allah yang sempurna.

Karena itu belajarlah dari Zakheus. Ia sungguh mengalami perubahan dan hidup dalam kasih Allah tersebut yang teraplikasi dalam seluruh aspek hidupnya. Sudahkah kita mengalami kasih Allah yang mengubahkan hidup kita??
Selamat memaknai hidup ini dengan hal yang bermanfaat, yang memuliakan nama Tuhan. Amin

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved