Renungan Harian Keluarga

RENUNGAN: Berdoa dan Bekerja tanpa Mengabaikan Keluarga

Ada ungkapan yang sangat kita kenal dalam bahasa latin “ora et labora” yang artinya berdoa dan bekerja.

RENUNGAN: Berdoa dan Bekerja tanpa Mengabaikan Keluarga
Netralnews.com
Alkitab 

Lukas 22:45

ADA ungkapan yang sangat kita kenal dalam bahasa latin “ora et labora” yang artinya berdoa dan bekerja. Ungkapan ini bermaksud untuk mengatakan bahwa berdoa dan bekerja adalah dua hal yang tak terpisahkan, tidak boleh dipisahkan apalagi dipertentangkan.

Orang tidak boleh hanya berdoa, tapi harus bekerja. Sebaliknya juga tidak boleh hanya bekerja tapi harus berdoa juga. Artinya kalau kita berdoa maka wujudkan doa itu melalui kerja nyata. Itulah sebabnya dikatakan bahwa kerja adalah doa yang dikerjakan dan doa adalah kerja yang didoakan.

Dalam pelayanan Yesus, Ia tidak hanya melayani dalam arti berhotbah, melakukan mujizat, mengajar dan menyembuhkan berbagai penyakit dan kelemahan, baik di kota dan desa-desa, tapi Ia juga menunjukkan aktifitas doa yang rutin dilakukan. Jadi doa tak dapat dipisahkan dari pekerjaan-Nya bahkan doa mempunyai tempat yang sentral dari pelayanan-Nya.

Dan hal yang sangat menarik bahwa walaupun berdoa dan bekerja itu penting, yang tak dapat dipisahkan satu sama lain, namun dengan melakukan keduanya, tak mengkibatkan Ia melupakan keluarganya di dalamnya para murid yang terus mengkuti Dia.

Dikatakan bahwa Ia bangkit dari doa-Nya dan kembali kepada murid-murid-Nya, tetapi Ia mendapati mereka sedang tidur karena dukacita. Artinya Yesus tetap mengingat, memperhatikan dan mengasihi orang-orang yang dikasihi-Nya. Bahkan mereka adalah orang-orang yang menjadi tujuan pelayanan dan doa-doa-Nya.

Sebagai orang-orang yang berjuang untuk membangun keluarga Kristen yang kita cintai bersama, pasti kita ada upaya belajar, bekerja dan berdoa dengan sungguh-sungguh, tetapi janganlah membuat kita tidak lagi saling peduli satu sama lain apalagi mengabaikan keluarga.

Tetapi mari kita saling “baku cari, inga pa torang pe keluarga yang torang sayang, baik yang ada di dekat, maupun yang ada di jauh”. Kalau ini kita lakukan, maka ringan akan sama di jinjing dan berat akan dipikul bersama. Maka keluarga kita akan semakin kuat dan diberkati Tuhan. Amin.

Doa: Ya Bapa di Sorga, kami bersyukur untuk keluarga yang Kau berkati. Tolonglah kami supaya kami terus bekerja dan berdoa tanpa mengabaikan keluarga satu sama lain. Tolonglah kami untuk saling peduli, mengasihi, menolong dan saling memaafkan sehingga kami boleh menjadi berkat dimanapun kami pergi dan berada. Amin.

Editor: Aswin_Lumintang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved