Jelang Debat Cawapres: Komite Damai Bisa Keluarkan Tamu yang Gaduh

Komisi Pemilihan Umum membentuk tim Komite Damai. Komite Damai memiliki tanggung jawab memastikan dan menjamin ketertiban debat.

Jelang Debat Cawapres: Komite Damai Bisa Keluarkan Tamu yang Gaduh
tribun pekanbaru
Debat Pilpres ke-2 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum membentuk tim Komite Damai. Komite Damai memiliki tanggung jawab memastikan dan menjamin ketertiban debat.

Komite Damai terdiri dari enam orang anggota. Komposisinya adalah seorang perwakilan KPU, seorang perwakilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan dua orang perwakilan tim kampanye masing-masing pasangan calon.

KPU diwakili oleh komisioner Wahyu Setiawan, Bawaslu diwakili oleh Mochammad Afifuddin, Tim Kampanye Nasional Jokowi-Maruf diwakili Direktur Program Aria Bima dan Gugus Tugas Khusus Rizal Malarangeng. Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga diwakili oleh anggota Direktorat Media dan Komunikasi Imelda Sari dan anggota BPN Putra Jaya Husin.

Komite Damai bertanggung jawab atas ketertiban debat Pilpres 2019. Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengatakan mereka memiliki wewenang untuk mengeluarkan tamu undangan yang membuat kegaduhan.
"Ini untuk memastikan ketertiban debat dapat terjamin," tutur Wahyu di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (14/3).

Direktur Program TKN Jokowi-Ma'ruf, Aria Bima menyebut pembentukan komite damai dalam pelaksanaan debat ketiga besok sudah disepakati. Komite ini nantinya akan mengurusi segala protes dan keberatan dalam setiap perjalanan debat.

"Sudah disepakati untuk tim damai. Nanti kalau ada masalah, kita punya tempat untuk clearing house di tempat acara debat. Sudah disepakati ssemuanya," kata Aria di Hotel Sultan, Kamis (14/3/2019).

Komite Damai hanya diberikan waktu singkat untuk berembuk menyelesaikan satu persoalan. Mereka dituntut segera memutuskan solusi dalam waktu singkat mengingat keterbatasan durasi debat.

"Hal yang penting keinginan baik kita, acara debat harus berlangsung sesuai schedule tanpa menghilangkan dinamika-dinamika di antara dua paslon atau tim," katanya.

Rumah Aspirasi Bisa Tampung 1000 Penonton

Bercermin dari insiden ledakan petasan pada debat kedua Pilpres bulan lalu, Tim Kampanye Nasional Jokowi-Maruf akan tetap memfasilitasi para relawan yang ingin menonton bareng debat ketiga, Minggu (17/3) mendatang. TKN menyediakan Rumah Aspirasi di Menteng, Jakarta untuk menjadi lokasi nonton bareng.

"Di sana kita fasilitasi, untuk semua relawan, supaya jangan terlalu menyebar ke sini (lokasi debat)," ujar Aria Bima, Kamis (14/3).
Aria Bima mengungkapkan alasan TKN menggelar nonton bareng di Rumah Aspirasi. Komisi Pemilihan Umum menghilangkan acara nonton bareng di sekitar lokasi debat ketiga. KPU merefleksikan insiden ledakan petasan saat acara nonton bareng debat kedua di Gelora Bung Karno.
"Karena ada kejadian kemarin, kemudian fasilitas keamanannya tidak memungkinkan. Akhirnya, nobar ditiadakan," ungkapnya.

Aria Bima mengklaim Rumah Aspirasi memiliki daya tampung yang besar untuk menggelar nonton bareng debat Pilpres. Menurut Aria Bima daya tampung Rumah Aspirasi sebesar 1000 orang. Para sekretaris jenderal partai politik Koalisi Indonesia Kerja (KIK) Jokowi-Maruf juga akan menghadiri acara nonton bareng di Rumah Aspirasi. (Tribun Network/dng)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved