FP Unsrat Gelar Penyuluhan Rumput Laut di Desa Posilagon

FP Unsrat melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) mengajarkan masyarakat cara pengolahan makanan berbahan dasar rumput laut.

FP Unsrat Gelar Penyuluhan Rumput Laut di Desa Posilagon
ist
FP Unsrat di Desa Posilagon 

Liputan Wartawan Tribun Manado, Felix Tendeken

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU - Fakultas Perikanan (FP) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) menggelar penyuluhan dan pelatihan pembudidayaan rumput laut kepada kelompok tani (Poktan) di Desa Posilagon, Kecamatan Pinolosian Timur (Pintim), Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Kamis (15/11/2018).

Hal tersebut dilakukan dalam rangka mendongkrak perekonomian masyarakat yang bermukim disepanjang pesisir pantai Posilagon.

Baca: Rayon Shabara Geledah dan Memeriksa Pemuda Berkeliaran di Malam Hari

FP Unsrat melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) mengajarkan masyarakat cara penyemaian bibit, pemeliharaan, panen, dan pengolahan makanan berbahan dasar rumput laut.

Sementara itu Ketua Tim Penyuluh FP Unsrat Dr Ir Suria Darwasito MSc mengatakan, pihaknya juga mengajarkan bagaimana cara meraup keuntungan melalui manajemen pembukuan.

"Dengan adanya program ini kami berharap mampu menopang perekonomian masyarakat," jelasnya.

Mantan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Bolsel ini mengatakan, kendala utama dari budidaya rumput adalah mengubah paradigma masyarakat yang kebanyakan tahu, harga rumput laut relatif lebih murah di pasaran.

Baca: Bawaslu Sulut Selidiki Nobar Film A Man Called Ahok, PSI Sebut Nobar Biasa

Sehingga tim pelaksana PKM menawarkan program diversifikasi olahan rumput laut.

“Nah para petani diajarkan bagaimana mengolah rumput laut menjadi olahan produk yang bernilai ekonomis lebih tinggi, seperti selai, permen, dodol, puding dan aneka manisan lainnya,”paparnya.

Dr. Ir. Suria Darwisito MSc mengakui, metode pelatihan yang dilakukan berdasarkan metode pembelajaran orang dewasa atau lebih ke otodidak.

Baca: Warga Terancam Kena Penyakit, Kotamobagu Belum Capai Target Imunisasi MR

Kata dia, dengan memberikan teori dan praktek secara terarah melalui fokus group discussion, serta pendampingan, pemantauan, monitoring dan evaluasi program ini akan sukses.

"Target kami kedepan para kelompok bisa membudidayakan rumput laut ini dengan baik. Karena Bolsel sendiri termasuk salah satu daerah yang paling potensial untuk budidaya rumput laut," jelasnya. (lix)

Penulis: Felix Tendeken
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved