Tajuk Tamu - Mendidik Pemimpin Masa Depan

Proses mengubah sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok orang berkaitan erat dengan keberlangsungan tatanan kehidupan di dalam masayarakat.

Tajuk Tamu - Mendidik Pemimpin Masa Depan
ist
Mahasiswa Sekolah Tinggi Filsafat Seminari Pineleng, Hans Hubertus 

Oleh: Mahasiswa Sekolah Tinggi Filsafat Seminari Pineleng, Hans Hubertus 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Menurut KBBI Pendidikan adalah “proses mengubah sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan,".

Proses mengubah sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok orang berkaitan erat dengan keberlangsungan tatanan kehidupan di dalam masayarakat.

Para pemimpin yang kita kenal saat ini, telah melalui masa-masa pendidikan baik di sekolah dan universitas.

Para siswa dididik dan dipersilakan menjadi pemimpin masa depan adalah usaha dari kinerja guru yang bersifat strategis-politis.

Kinerja guru yang sangat strategis adalah memberikan bekal-bekal yang memadai kepada para siswa tidak hanya melalui pengetahuan yang di dapat di ruangan kelas, tetapi melatih juga keterampilan mereka agar kelak menjadi pemimpin di masayarakat, serta memiliki komitmen yang kuat dalam melayani masyarakat.

Karena menjadi seorang pemimpin tidak lahir begitu saja, tetapi melalui proses panjang untuk membentuk karakter hidupnya menjadi seorang pemimpin masa depan.

Kinerja guru juga bersifat politis yaitu para guru diharapkan dapat mempersiapkan peserta didiknya untuk memahami situasi dan berbagai bentuk kekuasaan masa kini, dan melatih mereka sejak dini agar tau mengatur, mengarahkan, dan mempergunakan kekuasaan secara baik dan benar demi melayani masyarakat.

Hal ini ditandai langsung selama proses pendidikan, dan pelatihan kekuasaan sudah diberikan berbagai macam sarana kepemimpinan, seperti menjadi ketua kelas, dan yang lebih tersturktur yaitu melalui kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

Sebenarnya ada tiga jalan utama yang bisa dimanfaatkan oleh guru untuk mempersiapkan para pemimpin masa depan.

Halaman
12
Editor: Indry Panigoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved