Sangihe Sulawesi Utara

Operasi Patuh Samrat 2022 Digelar di Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Nihil Tilang Banyak Teguran

Hingga saat ini belum ada pengendara yang terkena tilang dalam Operasi Patuh Samrat 2022 di Sangihe. Polisi kebanyakan masih menegur para pengendara.

Penulis: Nelty Manamuri | Editor: Isvara Savitri
Tribunmanado.co.id/HO
Operasi Patuh Samrat 2022 di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, SANGIHE – Operasi Patuh Samrat yang sudah dilaksanakan sejak Kamis (8/12/2022), di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, sudah memasuki hari ke-6.

Hingga saat ini masih belum ada pelanggar yang ditilang.

Kasat Lantas Polres Sangihe, Iptu M Erza Nasution, menyebutkan operasi kali ini akan menyasar berbagai pelanggar.

Di antaranya kendaraan tanpa TNKB serta kendaraan yang dicurigai terlibat laka dan pidana.

"Adapun beberapa sasaran pada Operasi Samrat nantinya adalah kendaraan tanpa TNKB, kendaraan yang dicurigai terlibat laka dan pidana, pengendara berboncengan tiga, pengendaran mabuk, pengendara di bawah umur dan pengendara ugal-ugalan atau balap liar," ucap Iptu M Erza Nasution, Selasa(13/12/2022).

Ia mengatakan bahwa kepolisian dalam hal ini satuan lalu lintas juga punya kewajiban meminimalisir tindak pidana kejahatan kendaraan bermotor, seperti pencurian kendaraan bermotor (curanmor), pengendara dengan pengaruh minuman keras (miras), dan kendaraan dengan menggunakan knalpot yang tidak sesuai standar.

Dirinya juga mengimbau agar pengendara segera melengkapi surat-surat kendaraan dan kelengkapan kendaraan sesuai aturan yang berlaku agar aman dalam perjalanan.

"Kita memberikan teguran khusus bagi yang pada saat ditemukan melanggar dan membawa surat-surat. Kalau yang tidak membawa surat-surat kendaraan kita amankan dan pengendara agar membawa surat-surat kepemilikan yang sah biar keluar kendaraan," kata Iptu M Erza Nasution.

Lanjutnya,Khusus kendaraan racing dengan tidak memasang TNKB akan diamankan.

"Untuk tilang nihil, tapi banyak di teguran saja," kunci dia.

Baca juga: Gempa Terkini Bali Sore Ini Selasa 13 Desember 2022, Info BMKG Magnitudo 5.2 SR

Baca juga: Dinas PMPTSP Bitung: Terima Kasih Wali Kota Bitung, Raih Penghargaan Pelayanan Publik Berbasis HAM

Jadi Kabupaten Peduli HAM, Pemkab Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara Terima Penghargaan

Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Sangihe, Rinny Tamuntuan, menghadiri dan menerima penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM oleh Kemenkumham yang dihadiri langsung oleh Wakil Presiden RI, Menteri Kemenkumham, Wakil Menteri Kemenkumham, Menteri Agraria, serta gubernur dan bupati/wali kota peduli HAM.

Menteri Kemenkuham, Yasonna Laoly, menjelaskan acara tersebut dilakukan dalam rangka memperingati hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke-74 Tahun 2022 dengan tema Pemajuan Hak Asasi Manusia untuk Setiap Orang.

"Hak setiap manusia adalah sama, baik martabat, kebebasan, dan keadilan serta Hak Asasi Manusia menjadi amanat yang tidak terpisahkan," ucap Yasonna Laoly pada acara penghargaan, Senin (12/12/2022) di Jakarta.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved