Sitaro Sulawesi Utara

Pendekatan Pelayanan Administrasi Kependudukan, Dinas Dukcapil Sitaro Sambangi Wilayah Kepulauan

Dinas Dukcapil Sitaro menyambangi Pulau Biaro beberapa waktu lalu. Hal tersebut dilaukan guna melayani pembuatan dokumen kependudukan warga.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Isvara Savitri
Tribunmanado.co.id/Istimewa
Pelayanan Dinas Dukcapil Sitaro di Pulau Biaro, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, SITARO - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) terus mengoptimalkan pelayanan bagi masyarakat.

Kali ini, OPD yang dipimpin Sem Makasihae itu menyambangi wilayah-wilayah kepulauan di Kabupaten Sitaro untuk membuka pelayanan pembuatan dokumen kependudukan.

Seperti yang berlangsung di Pulau Biaro belum lama ini, petugas Dinas Dukcapil Siaro mendatangi langsung pulau berjuluk tanah Kolo-Kolo itu untuk melayani masyarakat setempat dalam hal pembuatan dokumen kependudukan.

Mulai dari akta kelahiran, akta perkawinan, akta kematian, perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik atau e-KTP, Kartu Identitas Anak, hingga Kartu Keluarga.

"Selain pembuatan dokumen administrasi kependudukan, kami juga sempat melayani pencatatan perkawinan. Dengan begitu, pasangan suami istri ini tidak perlu lagi datang ke kantor di Siau," kata Michael Adam, petugas Dinas Dukcapil Sitaro, Kamis (22/9/2022).

Menurut Adam, dari serangkaian pelayanan yang dilakukan jajaran Dinas Dukcapil di wilayah kepulauan, salah satu prioritas utama pemerintah daerah adalah pendataan anak yang belum mengantongi akta kelahiran.

Baca juga: Berikut Wilayah yang Belum Teraliri Listrik di Sangihe Sulawesi Utara

Baca juga: Rudenim Manado Gelar Pelatihan Kehumasan, Diharapkan Mampu Tingkatkan Kinerja

"Walapun Sitaro itu sudah ada pada angka 98 persen dalam hal kepemilikan akta kelahiran, tapi kita tetap akan terus berupaya sampai pada angka maksimal," ujar Adam.

"Jadi prioritas kita adalah anak-anak yang telah terdata tapi belum memiliki akta kelahiran. Tentu salah satu caranya adalah seperti ini, membuka pelayanan di wilayah kepulauan," terangnya.

Dia menambahkan, dengan pola sambang kepulauan yang dilaksanakan Dinas Dukcapil Sitaro, paling tidak masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor dinas di Pulau Siau.

Foto: Pelayanan Dinas Dukcapil Sitaro di wilayah Biaro. (Ist)
Pelayanan Dinas Dukcapil Sitaro di Pulau Biaro, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara.

"Kalau harus ke Siau kan membutuhkan biaya lebih. Seperti biaya transportasi, biaya tempat tinggal dan kebutuhan lain selama berada di Siau," ungkapnya.

Langkah Dinas Dukcapil Sitaro ini pun menuai apresiasi masyarakat Pulau Biaro yang merasa sangat terbantu dengan pelayanan pembuatan dokumen kependudukan tersebut.

Baca juga: Pemkota Bitung Sulawesi Utara Matangkan Kerja Sama dengan Borda Jerman

Baca juga: Chord dan Lirik Lagu Lenggang Puspita Afgan yang Viral di TikTok, Oh Dara

"Kami masyarakat sangat terbantu. Jika biasanya harus ke Siau untuk mengurus KTP atau dokumen lain, diperlukan biaya lebih. Tapi kali ini semua sudah bisa dilakukan langsung di tempat kami," kata Windi Manumpil, warga Pulau Biaro.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved