Bitung Sulawesi Utara

Pemkota Bitung Sulawesi Utara Matangkan Kerja Sama dengan Borda Jerman

Pemerintah Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Matangkan Kerja Sama dengan Borda Jerman.

HO
Pemkota Bitung Sulawesi Utara Matangkan Kerja Sama dengan Borda Jerman 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID – Pemerintah Kota Bitung Sulawesi Utara terus mematangkan best practice kerja sama teknis dengan Borda.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kota Bitung, yang juga Pokja PKP Kota Bitung Rizal Sompotan menjelaskan, Borda adalah Bremen Overseas Research and Development Association (Borda), sebuah organisasi Nirlaba dari Jerman.

Organisasi ini fokus di bidang sanitasi dan persampahan.

Terkait dengan best practice kerjasama teknis dengan Borda, Tim PKP Kota Bitung, melaksanakan study lapangan ke Yogjakarta dan Sleman, Selasa – Rabu (20-21/9/2022).

“Study lapangan ini, sebagai tindak lanjut dan melengkapi kerjasama pengelolaan sanitasi terpadu di Kota Bitung. Antara Pemerintah Kota Bitung dengan Borda,” kata Rizal Sompotan, Kamis (22/9/2022).

Study lapangan ke Yogyakarta untuk melihat  kegiatan pendampingan Borda di Kabupaten Sleman, sebagai Best Practice yang akan diterapkan dan direplikasi di Kota Bitung.

Tim Pokja PKP Kota Bitung, Pingkan Lengkong menjelaskan sanitasi itu tentang pengolahan persampahan, pengolahan lumpur tinja dan pengelolaan air minum.

Di Kota Bitung, untuk titik atau lokus pengelolaan lumpur tinja ada di Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) dan ada penyedotan lumpur tinja terjadwal dari dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim).

“Untuk air minum dan air bersih di Perusahan umum daerah (Perumda) Air Minum Duasudara (PDAM) dan dinas  PUPR lewat program kegiatan.

Dan saat ini progres untuk sanitasi khususnya terkait kerjasama dengan Borda, yaitu pengamanan baku mutu sungai atau kuala Girian telah selasai,  melibatkan sekolah sungai dan Politeknik Negeri manado,” jelas Pingkan Lengkong.

Tim PKP Kota Bitung melakukan study lapangan ke kantor pusat Borda dan di terima oleh Direktur Borda Mr Stanzin T, operasi sarana IPLT Kabupaten Sleman, Sarana IPAL Komunal dan TPS 3R yang dikelola oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) secara swadaya.

Kemudian sarana dan prasarana PDAM Kabupaten Sleman, termasuk diantaranya Pabrik Air Minum kemasan yang dimiliki oleh PDAM. (crz)

Rinny Tamuntuan Kunker ke Pulau Terluar, Pos Lintas Batas di Marore Sangihe Jadi Fokus Pembangunan

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Jumat 23 September 2022, BMKG: 22 Perairan Alami Gelombang Tinggi

Jelang Pengucapan Syukur, Polsek Tombulu Minahasa Sulawesi Utara Gencar Sosialisasi Kambtibmas

 
 
 

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved