Sulut

Sasaran Operasi Patuh Samrat 2022, Knalpot Bising Hingga Tak Pakai Sabuk Pengamanan

Direktorat Lalu Lintas Polda Sulut melaksanakan Latihan Pra Operasi Samrat 2022 dengan tema 'Tertib Berlalu Lintas Menyelamatkan Anak Bangsa'

Penulis: Rhendi Umar | Editor: Handhika Dawangi
Tribun Manado/Rhendi Umar
Direktorat Lalu Lintas Polda Sulut melaksanakan Latihan Pra Operasi Samrat 2022 dengan tema 'Tertib Berlalu Lintas Menyelamatkan Anak Bangsa', Jumat (10/06/2022). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Direktorat Lalu Lintas Polda Sulut melaksanakan Latihan Pra Operasi Samrat 2022 dengan tema 'Tertib Berlalu Lintas Menyelamatkan Anak Bangsa', Jumat (10/06/2022).

Dirlantas Polda Sulut Kombes Pol Robertho Pardede menjelaskan tujuan operasi ini untuk menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan dan penanganan Pandemi Covid-19.

"Target operasi ini yaitu pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm, menggunakan HP saat berkendara," ujar Pardede.

Selain itu, sasaran operasi ini yaitu pengendara yang tidak menggunakan sabuk pengaman, membawa kendaraan dibawah pengaruh alkohol, knalpot bising serta motor yang tidak menggunakan plat nomor.

"Penanganan operasi ini akan dilakukan secara Preemtif dan Preventif,"jelasnya.

(pre-emtif merupakan tindakan kepolisian untuk melaksanakan tugas kepolisian dengan mengedepankan himbauan dan pendekatan kepada masyarakat dengan tujuan menghindari munculnya potensi-potensi terjadinya permasalahan sosial dan kejahatan di masyarakat)

(preventif merupakan tindakan Polri yang dilakukan dengan tujuan untuk mencegah tindakan-tindakan masyarakat agar tidak mencapai ambang gangguan dan menjadi gangguan nyata)

Pardede mengatakan untuk personel yang dilibatkan pada Operasi Samrat ini berjumlah 602 personel, terbagi dalam 80 dari Polda Sulut dan 522 untuk jajaran Polres.

Pardede mengatakan penegakan hukum lalu lintas, tetap menggunakan ETLE serta untuk penindakan GAKUM akan dilakukan jika ditemukan pelanggaran dengan memberikan teguran.

"Apabila ada pelanggaran yang membahayakan bagi pengemudi atau pengguna jalan lain akan dilakukan penindakan hukum," jelasnya. (Ren)

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved