Tips Sehat

Tak Banyak yang Tahu, Ternyata 8 Bahan Alami Ini Bisa Bersihkan Ginjal

Batu ginjal memengaruhi 10-15 persen orang dewasa Amerika, tetapi juga dapat ditemukan pada anak-anak berusia lima tahun.

Editor: Chintya Rantung
Tribunnews
Cara membersihkan Ginjal 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Batu ginjal memengaruhi 10-15 persen orang dewasa Amerika, tetapi juga dapat ditemukan pada anak-anak berusia lima tahun.

Nah bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan ginjal, beberapa bahan alami terbukti mampu mencegah penyakit ginjal.

Ini terjadi karena kandungan nutrisi bahan-bahan alami tersebut dapat berperan dalam membersihkan ginjal. Di antaranya semisal kemangi dan delima.

Di bawah ini adalah 8 bahan alami yang bisa membantu membersihkan ginjal Anda.

1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel efektif mencegah stres oksidatif pada ginjal. Ini meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh, menyeimbangkan kadar gula darah dan mengurangi tekanan darah, menciptakan kondisi optimal untuk kesehatan ginjal.

Cuka sari apel mengandung asam sitrat yang dapat melarutkan batu ginjal. Asupan cuka sari apel yang sering juga mengeluarkan racun dari ginjal.

2. Kacang Merah

Kacang merah juga bisa membantu membuang limbah dan racun dari ginjal dan mengeluarkan batu ginjal secara efektif.

Kacang merah kaya vitamin B, serat dan beberapa mineral yang membantu membersihkan ginjal dan meningkatkan fungsi saluran kemih.

3. Jus Lemon

Jus lemon secara alami bersifat asam dan meningkatkan kadar sitrat dalam urin, sehingga mencegah pembentukan batu ginjal.

Jus lemon juga menyaring darah dan membuang limbah dan racun lainnya.

Asupan jus lemon encer setiap hari mengurangi laju pembentukan batu ginjal dan melarutkan kristal kalsium oksalat, yang merupakan penyusun batu ginjal yang paling umum.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved