Informasi Kesehatan

Epidemiolog: Penyakit Banyak Bermunculan Karena Ulah Manusia Buat Dunia Semakin Rentan dan Rawan

Dalam 30 tahun terakhir ini telah muncul lebih dari 30 Penyakit Infeksi Emerging (PIE) yang disebabkan munculnya organisme baru.

Shutterstock
Ilustrasi bumi dan virus corona (Covid-19), Epidemiolog: Penyakit Banyak Bermunculan Karena Ulah Manusia Buat Dunia Semakin Rentan dan Rawan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dalam 30 tahun terakhir ini telah muncul lebih dari 30 Penyakit Infeksi Emerging (PIE) yang disebabkan munculnya organisme baru.

Riset ilmiah terhadap 335 penyakit baru yang ditemukan antara tahun 1940 dan 2004 mengindikasikan bahwa negara-negara yang berhubungan dengan Dataran Indo-Gangga dan DAS Mekong menjadi hotspot global kemunculan PIE.

Hingga saat ini, meski situasi pandemi covid-19 saat ini dalam kondisi yang melandai.

Baca juga: Sebanyak 31 Orang Meninggal di Jalan akibat Laka Lantas, Dirlantas: Jangan Memacu Kecepatan Tinggi

Namun di tengah situasi melandai muncul kembali penyakit hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya atau 'Acute Hepatitis of Unknown Aetiology'.

Hepatitis tergolong penyakit yang sudah lama keberadaannya akan tetapi sekarang bisa muncul kembali dan menjadi 'Outbreak' alias Kejadian Luar Biasa(KLB) di Eropa dan sudah terjadi banyak kasus di Indonesia.

Lalu mengapa penyakit-penyakit yang notabene sudah lama tersebut bisa muncul kembali saat ini.

Ahli Epidemiologi Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman menyebut saat ini kondisi dunia sudah rentan dan rawan.

Sehingga penyakit-penyakit yang lama bisa muncul kembali bahkan berpotensi menjadi pandemi baru.

"Kondisi saat ini secara global karena saya peneliti global health security bisa saya katakan dan saya sampaikan bukan hanya di media-media Indonesia tetapi media global ABC, BBC dan semua Eropa atau Amerika.

Dunia saat ini rentan, dunia saat ini rawan semakin rentan dunia, kemudian yang artinya akibat atau konsekuensi dari rentannya dunia yang juga pada gilirannya asal muasalnya dari ulah manusia itu sendiri ini membuat the next pandemi the next wabah itu sulit dihindari, sulit dicegah," ujar Dicky saat berbincang dengan Tribun, Rabu(11/5/2022).

Menurut Dicky, perubahan iklim dan pemanasan global menjadi penyebab utamanya dan akan berdampak besar bukan hanya kepada lingkungan tapi pada akhirnya kepada kesehatan manusia.

Dampak pembangunan yang besar-besaran lanjut Dicky membuat ekosistem rusak dan pada gilirannya mengubah pola penyakit, menimbulkan kerentanan dan kerawanan.

Kemudian lanjutnya, jumlah virus yang mencapai ratusan ribu melakukan lompatan virus dari hewan ke manusia yang akhirnya berpotensi menjadi penyakit.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved