Breaking News:

Manfaat Buah

Manfaat Buah Pandan Laut, Sebagai Pewangi hingga Akarnya Bisa Jadi Obat Gangguan Hati & Sakit Kuning

Pandan laut, pandan pasir atau pandan pudak duri (Pandanus odorifer) adalah sejenis pandan besar yang sering dijumpai di pantai berpasir

Editor: Gryfid Talumedun
Istimewa/Internet
Manfaat Buah Pandan Laut, Sebagai Pewangi hingga Akarnya Bisa Jadi Obat Gangguan Hati & Sakit Kuning 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Buah pandan laut (Pandanus tectorius Park.) tergolong jenis pandan yang penyebarannya hampir di seluruh daerah Asia hingga ujung timur Asia yakni Daratan-daratan Kepulauan Pasifik, termasuk di Provinsi Papua Barat
dengan keragaman yang cukup tinggi.

Buah ini berpotensi sebagai bahan pangan namun informasi nutrisinya masih sangat terbatas.

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan komposisi gizi buah pandan laut pada tiga tingkat kematangan, yang merupakan penelitian dasar sebagai upaya pemanfaatannya untuk ketahanan pangan di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil. 

Mirip Rumah SpongeBob, Berikut Manfaat Buah Ini

Pandan laut, pandan pasir atau pandan pudak duri (Pandanus odorifer) adalah sejenis pandan besar yang sering dijumpai di pantai berpasir atau berkarang, anggota suku Pandanaceae.

Dilansir dari wikipedia, bunga jantannya (Jw.: pudak) berbau harum dan tahan lama disimpan; dipergunakan untuk mengharumkan ruangan, pakaian, dan makanan.

Sebutan yang lainnya, di antaranya, pandan kayu ache (Ogan); pandan pasir (Jw.); pandan laut, pandan samak laut, pandan pudak (Sd.); pandan pudak duri (Btw.); pandan bau-bau, pandan nipah (Amb.); ponèlo (Gor.); bokungo (Buol); banga (Mak., Bug.); lata banga (Sawu); hénak (Rote); yaäl (Tanimbar); buro-buro (Ternate).

Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan, Diantaranya Penangkal Penyakit Kanker

 Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Fragrant Screwpine.

Pandan laut ditemukan mulai dari wilayah India, Sri Lanka, Maladewa, hingga ke Tiongkok selatan (Guangdong, Guangxi, Hainan Hong Kong), ke selatan melalui Indocina dan Filipina hingga ke Indonesia.

Kini ia telah diintroduksi ke berbagai daerah termasuk ke Afrika timur.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved