Breaking News:

Hari Kebebasan Pers

Maknai Hari Kebebasan Pers Sedunia, Rio Palilingan: Pers Adalah Corong Rakyat

Di Kabupaten Minahasa, Anggota DPRD dari Fraksi PDI-P Rio Palilingan memaknai peran pers sangat penting dalam pembangunan daerah.

tribunmanado.co.id/Lefrando Andre Gosal
Anggota DPRD dari Fraksi PDI-P Rio Palilingan memaknai peran pers sangat penting dalam pembangunan daerah serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado Hari Kebebasan Pers Sedunia yang jatuh setiap tanggal 3 Mei adalah untuk mengingatkan komitmen pemerintah untuk menjunjung hak kebebasan pers.

Di Kabupaten Minahasa, Anggota DPRD dari Fraksi PDI-P Rio Palilingan memaknai peran pers sangat penting dalam pembangunan daerah serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Rebutan Anak, Atalarik Syach Buat Surat Terbuka setelah Tsania Marwa Lakukan Eksekusi Penjemputan

2 Shio ini Perlu Bersabar, Hari ini Selasa 4 Mei 2021 Mereka Diramal Kurang Beruntung, Itu Shiomu?

“Sebagai wakil rakyat itu tentu sama dengan rakyat, rakyat dan wakil rakyat itu memang sangat mengharapkan itu Pers. Pers adalah corong dari rakyat,” ucap Palilingan disela-sela pelaksanaan Sidang Paripurna DPRD Minahasa di Ruang Sidang, Senin (03/05) siang.

Baginya, peran pers tidaklah mudah, ada banyak tantangan dalam mengumpulkan informasi untuk diolah.

Namun lepas dari tantangan itu, Palilingan mengakui pentingnya peran pers sebagai jembatan komunikasi antar berbagai pihak.

“Pers sebagai jembatan untuk kami dengan eksekutif. Pers juga kami butuhkan untuk ada hal-hal yang mengisi kekurangan dan kekosongan yang ada diantara wakil rakyat, tidak ada wakil rakyat yang sempurna, kita harus saling bersinergi, memberikan masukan, kami butuh bantuan-bantuan tentang banyak hal yang tidak kami ketahui,” ungkap Palilingan.

Menagggapi soal kebebasan pers di Indonesia, menurutnya hak kebebasan pers cenderung dilindungi. Pers dapat secara bebas mengakses informasi sebagai bahan untuk pemberitaan.

“Tentang kebebasan pers sendiri kami lihat untuk saat ini cenderung sudah cukup baik di era kepemimpinan presiden Jokowi. Dan kita bisa bandingkan sendiri untuk beberapa dekade lalu di bawah pemerintahan yang sebelum-sebelumnya dimana kebebasan pers itu tidak terlihat seperti sekarang ini,” kata Palilingan.

Halaman
12
Penulis: Lefrando Andre Gosal
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved