Breaking News:

Larangan Mudik Lebaran

Kodim 1310/Bitung Melalui Danramil, Konsisten Laksanakan Kebijakan Larangan Mudik

Kami tetap konsisten untuk melaksanakan kebijakan larangan mudik. Hari ini kami tengah melakukan Rapat Koordinasi

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma
Istimewa
Pelaksanaan rapat koordinasi yang diikuti jajaran Danramil 1310-03/Likupang. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - "Kami tetap konsisten untuk melaksanakan kebijakan larangan mudik. Hari ini kami tengah melakukan Rapat Koordinasi terkait Penyeberangan Kapal Pelabuhan Fery tujuan Sangihe, Talaud dan Kep. Sitaro dalam rangka Mudik Lebaran tahun 2021,"

Hal ini ditegaskan Danramil 1310-03/Likupang Kapten Inf Djohn Datangmanis, Kamis (29/4/2021).

Kepada wartawan Danramil 1310-03/Likupang Kapten Inf Djohn Datangmanis mengatakan.

Hasil pelaksanaan rapat koordinasi terkait penyeberangan kapal di Pelabuhan Ferry tujuan Sangige, Talaud dan Sitaro, dalam rangka mudik labaran tahun 2021 berlangsung di Kantor Kementerian Perhubungan Laut Desa Munte Kecamatan Likupang Barat Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara.

Baca juga: Kodam XIII/Merdeka Siap Dukung Operasi Ketupat di Tiap Wilayah Hukum Polda Sulut

Baca juga: Gubernur Olly Dondokambey Siap Jalankan Kebijakan Pusat Soal Larangan Mudik

Lanjutya, Kementerian Perhubungan akan segera menerbitkan Peraturan Menhub (Permenhub) Pengendalian Transportasi pada masa Idul Fitri Tahun 2021.

Peraturan ini sebagai dukungan sekaligus tindak lanjut terhadap larangan mudik yang sudah diumumkan pemerintah melalui Menko PMK, dalam rangka mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

Sebagai tindak lanjut hasil rapat Penanganan Covid-19 dan Rakor tingkat Menteri tentang Persiapan Hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021 pada tanggal 26 Maret 2021.

Menko PMK telah mengeluarkan surat kepada para Menteri dan Kepala Lembaga pada 31 Maret 2021, yang berisi keputusan untuk meniadakan kegiatan mudik Lebaran tahun 2021.

Baca juga: Nathalie Holscher Dicueki Putri Delina dan Rizky Febian, Tak Mau Peluk Sampai Buang Muka

Baca juga: Begini Reaksi Maia Estianty Saat Ahmad Dhani Duduk di Sampingnya dan Saksikan Mulan Jameela Menyanyi

"Larangan berlaku baik untuk aparatur sipil negara, TNI-Polri, karyawan BUMN, karyawan swasta, pekerja mandiri, dan seluruh masyarakat," ungkapnya.

Dijelaskannya lagi, larangan mudik akan berlaku pada 6-17 Mei 2021, sebelum dan sesudah tanggal itu, diimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pergerakan atau kegiatan-kegiatan ke luar daerah, kecuali benar-benar dalam keadaan mendesak.

Menindaklanjuti keputusan larangan mudik tersebut, Kemenhub terus melakukan koordinasi intensif dengan Satgas Penanganan Covid-19, TNI/Polri, dan Pemerintah Daerah, dalam rangka penyusunan Peraturan Menhub tentang pengendalian transportasi di masa Idul Fitri tahun 2021.

Baca juga: Sosok Adam Ibrahim, Dalang Cerita Hoax Babi Ngepet di Depok, Ngaku Ustaz, Terancam 10 Tahun Penjara

Baca juga: Doa Amalan Kamis Malam Jumat, Perbanyak Sholawat dan Istighfar

"Jadi kami meminta masyarakat untuk tidak mudik pada tahun ini agar tidak terjadi hal yang kita tidak inginkan, yaitu terjadinya lonjakan kasus Covid-19," ucap Danramil.

Turut hadir dalam kegiatan rapat M Qowi (Kepala Kantor Kementrian Perhubungan Pelabuhan Likupang), Kolonel Laut Asep Budiman (Dan PKL Bakamla), Richard (Kepala Kesehatan Pelabuhan Munte), Rudi Rondonuwu (Dishub Minut Koorsatpelfery).

Ipda Tambunan (Kanit Sabhara Polsek Likupang), Bripka Wahyudi (Danpal 101 Polairud) Babinsa Desa Munte Sertu Sharul Palagau dan Bpk. Nuriadin (Basarnas Pel. Munte).(rls)

Baca juga: Jawaban Gibran Rakabuming Soal Pencalonan di Pilpres 2024, Lawan Anies?Lihat Saja Nanti

Baca juga: Wali Kota Maurits Mantiri Peringatkan Ini ke Lurah, Kepala Lingkungan dan Ketua RT

YOUTUBE TRIBUN MANADO:

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved