Breaking News:

News Analysis

Pengamat Politik: Jabatan Sekprov Harus Sesuai Syarat dan Kompetensi

Taufik Tumbelaka mengatakan jabatan tertinggi birokrasi ini harus benar-benar diisi oleh calon yang memiliki syarat khusus dan kompetensi mumpuni.

Penulis: Majer Lumantow | Editor: Rizali Posumah
TRIBUN MANADO/ARTHUR ROMPIS
Taufik Tumbelaka 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Terkait dengan siapa yang bakal menduduki jabatan Sekretaris Provinsi Sulut (Sekprov), Pengamat Politik Taufik Tumbelaka mengatakan jabatan tertinggi birokrasi ini harus benar-benar diisi oleh calon yang memiliki syarat khusus dan kompetensi mumpuni. 

Menurutnya, jabatan Sekprov adalah 'mimpi' atau capaian puncak dari seluruh birokrat terlebih khusus para pejabat di mana untuk itu dapat dikatakan semua birokrat akan menunjukan performa terbaiknya guna menggapai 'mimpi' meraih puncak kariernya. 

Dewa Kipas Harus Akui Kekuatan Irene Sukandar Tapi Bawa Pulang Rp100 Juta, Kalah 3 Babak

28-29 Maret PWI Sulut Gelar Konferensi Provinsi PWI Sulut, Pemilik Suara Silahkan Daftar

Optimalisasi PRB, BPJS Kesehatan Tondano Bersama Sejumlah Apotek Lakukan Hal Ini

Tumbelaka menilai, hal ini karena kerap terlihat terjadi persaingan ketat antar birokrat dalam menunjukan kinerja berbasis prestasi guna menunjukan kepada Pimpinan (dan juga publik) bahwa dia mempunyai kapabilitas dan aksebilitas guna mendapat kepercayaan mengemban tugas terberat sebagai Sekprov. 

"Boleh dikatakan secara penilaian komulatif merupakan yang terbaik yang akan mendapat posisi puncak dan hal itu juga akan memperkuat legitimasi dari kalangan internal jajaran birokrat dan juga tentunya publik," jelas Tumbelaka kepada Tribun Manado.

Sehingga, lanjutnya, sedikit banyak memudahkan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemangku kebijakan "jantung birokrasi".

Memang dalam perjalanannya kadangkala penetapan seorang Sekda ada sisi penilaian khusus. 

"Seperti dianggap gerak langkah plus pola pikir dianggap cocok dengan Pimpinan. Hal ini wajar karena terkait dengan hubungan kerjasama antara Pemimpin dan Sekda wajib sehati," sebutnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved