Breaking News:

Sarundajang Meninggal

Plh Gubernur Edwin Silangen Perintahkan Bupati Wali Kota Pasang Bendera Setenga Tiang, Hormati SHS

Demi menghormati jasa dan pengabdian almarhum Dr Drs Sinyo Hari Sarundajang, Pelaksana harian (Plh) Gubernur Sulut, Edwin Silangen mengirim surat

Kolase/Tribun Manado/ Ronald Moha
SH Sarundajang dan Karangan bunga di rumah Duka 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Demi menghormati jasa dan pengabdian almarhum Dr Drs Sinyo Hari Sarundajang, Pelaksana harian (Plh) Gubernur Sulut, Edwin Silangen mengirim surat edaran ke Bupati dan Wali Kota se-Sulawesi Utara untuk memang bendera merah putih setenga tiang.

Hal ini untuk menghormati jasa dan pengabdian SH Sarundajang terhadap daerah ini. Bahkan, merupakan putra Sulut yang berkarier hingga tingkat nasional.

SHS sapaan akrab birokrat politisi ini telah mengabdi kepada bangsa dan negara Indonesia selama 50 tahun. Tepatnya sejak Januari 1970 hingga Januari 2021, tanpa pernah kehilangan jabatan alias nonjob.

Edaran Plh Gubernur Sulut, Edwin Silangen
Edaran Plh Gubernur Sulut, Edwin Silangen (istimewa)

Di usia belia yakni 25 tahun, Sinyo sudah berstatus dosen di Fakultas Sosial Politik Universitas Sam Ratulangi Manado dengan mata kuliah Ilmu Politik. Kemudian tahun 1974, dosen di Akademi Pemerintahan Dalam Negeri Manado dengan mata kuliah Administrasi Negara.

 
Karier birokrat Sinyo benar-benar dari usianya yang masih terbilang belia dengan disiplin ilmu yang kuat. Karena itu, dia merupakan yang terbaik sebagai PNS Pemprov kala itu. Tak heran tahun 1974, Gubernur saat itu Jenderal, sapaan akrab Hein Victor Worang, melirik pegawai muda ini untuk diberikan tanggungjawab besar sebagai Kepala Direktorat Keamanan dan Politik pada Direktorat Sospol Dati I Sulut.

HV Worang melihat potensi besar dalam diri Sinyo, karena itu pada 1975, Gubernur Worang mengirim Sinyo untuk mengikuti tugas belajar mendalami Administrasi Teritorial di Institute International Administration Publique Francaise, Prancis.

Saat menimba ilmu di Prancis, Sinyo menjadi lulusan terbaik dan mengalahkan para mahasiswa dari negara lain. Bahkan di Prancis, Sinyo menerima penghargaan Certificate Asseduite Cours de Perfectionmeet du Francais Universite de Nice.

Sekembali dari Perancis, tahun 1976, Sinyo menjadi konseptor Gubernur HV Worang. Sinyo yang selalu menyusun pidato Worang. Walau pun sering dimarahi Worang, tetapi Sinyo sangat disayangi oleh Gubernur Worang. Karena itu Sinyo juga banyak belajar dari sang Jenderal.

Worang kemudian memberikan kepercayaan yang lebih besar, menjadi Kepala Biro Pemerintahan Umum, Kantor Gubernur. Ia bertugas dari tahun 1977-1978. Sinyo mencatat sejarah menjadi pejabat eselon II di usia yang masih sangat muda 32 tahun.

Lebih hebat lagi, di usia yang masih 33 tahun (1978), Sinyo sudah mencapai karir birokrat tertinggi. Ia ditunjuk oleh Gubernur Worang menjadi Pj Sekretaris Wilayah Daerah Kabupaten atau Sekwilda Kabupaten Minahasa. Saat itu Minahasa belum dimekarkan, terbentang dari Likupang sampai Poigar. Tahun 1981, Kepala Biro Penyelenggaran Pemilu Provinsi Sulawesi Utara.

Halaman
1234
Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved