Breaking News:

Vaksinasi Covid

Pemkot Kotamobagu Putar Otak, Refocusing DAU untuk Dukungan Program Vaksinasi Covid-19

diatur soal penggunaan DAU, yakni paling sedikit menggunakan 4 persen dari DAU tahun anggaran tahun 2021 atau sesuai dengan kebutuhan daerah.

tribunmanado.co.id/Alpen Martinus
Sugiarto Yunus Kepala BPKAD Kotamobagu. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Pemerintah Kota Kotamobagu akan menyiapkan anggaran untuk dukungan pendanaan program vaksinasi Covid 19.

Hal tersebut sesuai dengan keputusan Kementerian Keuangan RI nomor 30/KM.7/2020 tentang penggunaan sebagian DAU atau dana bagi hasil dalam rangka untuk dukungan pendanaan program vaksinasi Covid 19.

Dalam aturan tersebut diatur soal penggunaan DAU, yakni paling sedikit menggunakan 4 persen dari DAU tahun anggaran tahun 2021 atau sesuai dengan kebutuhan daerah dengan memperhatikan jumlah penduduk dan jangkauan distributor vaksinasi Covid 19.

Anggaran tersebut digunakan untuk beberapa poin, di antaranya koordinasi pelaksanaan vaksinasi COVID-19, dukungan dan fasilitasi untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19, pemantauan dan penanggulangan dampak kesehatan ikutan pasca vaksinasi COVID-19, distribusi dan pengamanan/penyediaan tempat penyimpanan vaksin COVID-19 ke fasilitas kesehatan; Pengamanan dan ketertiban umum pelaksanaan vaksinasi COVID-19,  dan/atau kegiatan lainnya sesuai ketentuan yang diatur oleh kementerian teknis. 

Pemerintah Kota Kotamobagu harus putar otak untuk memenuhi minimal empat persen tersebut, dengan rencana melakukan refocusing anggaran DAU.

"Kalau 4 persen dari DAU kita, berarti sekitar Rp 15 miliar," jelas Sugiarto Yunus Kepala BPKAD Kotamobagu, Jumat (29/1/2021). Sebab total DAU Kotamobagu 2021 mencapai Rp 360 miliar.

Namun menurutnya, saat ini Dinas Kesehatan Kotamobagu masih melakukan penghitungan kebutuhan anggaran terkait vaksinasi Covid 19 tersebut.

"Sehingga nantinya dilihat mana yang perlu untuk dukungan dan mana yang tidak terlalu perlu, sehingga bisa dilakukan penghematan anggaran," jelasnya.

Refocusing akan dilakukan, lantaran peraturan menteri keuangan tersebut keluar setelah Pemerintah Kota Kotamobagu menetapkan APBD 2021. (amg)

Bae Cukai Bitung Sita Puluhan Botol Miras dari Beer House

Bersua Kepala BI Sulut Arbonas Hutabarat, Optimis Fundamental Ekonomi Sulut Menbaik di 2021

Bawaslu Boltim Siap dan Maksimal untuk Berikan Keterangan pada Sidang Lanjutan 9 Februari 2021

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved