RHK Rabu 2 Desember 2020

RHK - Bebas dan Merdeka

Setiap orang pasti pernah mengalami tekanan, pergumulan yang sangat berat, baik fisik maupun psikis.

Editor: Aswin_Lumintang
Netralnews.com
Alkitab 

Yesaya 9:3

TRIBUNMANADO.CO.ID - Setiap orang pasti pernah mengalami tekanan, pergumulan yang sangat berat, baik fisik maupun psikis. Juga karena masalah ekonomi, keluarga dan masalah lainnya. Tapi, kita juga pernah merasakan bagaimana kita terbebas dari beban hidup yang paling berat dalam hidup kita.

Ilustrasi berdoa dan membaca Alkitab
Ilustrasi berdoa dan membaca Alkitab (SHUTTERSTOCK)

Ketika kita dalam keadaan ketakutan dan "kekuatiran akut" seakan-akan kita telah berada pada titik nadir yang paling bawah dan tak ada lagi harapan, tiba-tiba ada yang menolong dan membebaskan kita. Bagaimana perasaan kita?

Pasti berbahagia, lega dan penuh ucapan syukur. Begitulah juga Allah membuat perasaan orang Israel setelah mereka menghadapi penindasan dan penghinaan bahkan penjajahan atas mereka, namun Allah melepaskan dan membebaskannya.

Mereka terlepas dari tekanan dan penindasan. Mereka bebas merdeka dan menikmati sukacita penuh oleh tangan Allah yang perkasa yang menolong dan memenangkan mereka secara luar biasa.

Demikian firman Tuhan hari ini.
"Sebab kuk yang menekannya dan gandar yang di atas bahunya serta tongkat si penindas telah Kaupatahkan seperti pada hari kekalahan Midian." (ay 3)

Tekanan penderitaan umat Israel membuat bangsa itu sengsara. Kuk yang mereka pikul akibat dosa mereka, telah menghukum mereka dan membuat mereka sampai berada pada titik nadir yang paling bawah.

Mereka tersiksa. Mereka menderita. Mereka ditindas dengan begitu berat. Mereka tidak dianggap. Mereka terhina di antara segala bangsa akibat kekalahan yang mereka alami.

Tapi syukur kepada Allah. Semua penderitaan itu, diangkat dan dilepaskan oleh Allah dari mereka. Mereka menikmati kelegaan yang sempurna. Mereka merasakan kebahagiaan dan kemenangan seperti memenangkan peperangan melawan bangsa-bangsa, termasuk ketika mereka menang atas bangsa Midian.

Sungguh tak terkatakan betapa tangan Tuhan yang kuat, dahsyat dan luar biasa telah membela dan mengangkat harkat dan martabat hidup mereka. Segala kuk penderitaan dan kesesakan, hilang lenyap. Mereka bebas merdeka oleh pertolongan Allah. Semua hanya karena anugerah serta cinta kasih Allah bagi mereka.

Mereka tidak berdaya. Tapi, kuat tangan Tuhanlah yang telah menolong dan membela serta mengangkat mereka dari lembah kekelaman itu. Mereka bebas, menang dan bersukaria.

Sahabat Kristus, Tuhan yang sama, adalah Allah kita di dalam Tuhan Yesus. Pertolongan dan kekuasaan kasih-Nya, tidak pernah berubah. Karena Dia Allah yang tidak pernah berubah dari kebaikan kasih-Nya.

Maka kita sebagai umat kesayangan-Nya di zaman now, juga akan menerima janji penyertaan kuasa kasih-Nya yang sempurna dalam hidup kita. Dia akan membebaskan kita dari segala beban penderitaan hidup yang mengganas.

Jika kita dalam kesesakan, sedang memikul kuk yang berat, dalam penindasan sesama, dihina, disiksa, didera dan menanggung segala beban hidup akibat ulah orang lain maupun karena dosa kita, datanglah kepada Allah di dalam Tuhan Yesus.

Seperti umat Israel kala itu, maka kita sebagai Israel baru juga akan mendapatkan uluran tangan kasih-Nya. Dia akan membebaskan kita dari kuk itu, asal kita mau hidup di dalam-Nya, meninggalkan segala dosa kita.

Seberat apapun penderitaan kita, Dia Allah kita di dalam Tuhan Yesus yang sanggup menolong dan membebaskan kita. Dan hanya Dia saja yang dapat menolong, menjaga dan memelihara serta memberkati kita. Tidak ada yang lain. Dialah Sang Pembebas kita.

Karena itu, keluarga Kristen haruslah mengandalkan Dia. Turuti firman-Nya dan lakukan segala perintah-Nya. Maka sesulit apapun persoalan hidup kita dan keluarga, pasti akan tuntas dan selesai oleh tangan kasih Tuhan. Karena itu serahkanlah segala keberadaan hidup kita ke dalam tangan kasih-Nya dan hiduplah dalam Dia. Pertolongan Tuhan pasti datang tepat waktu atas kita. Amin

Doa: Tuhan Yesus, tuntun dan mampukanlah kami menjalani hidup menurut kehendak-Mu agar kami lepas dari segala beban hidup. Amin

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved