Breaking News:

Ketua DPRD Jadi Pendulang Suara Olly-Steven di Nusa Utara

Petahana Olly Dondokambey-Steven Kandouw berpeluang memenangkan perebutan suara Pilkada Sulawesi Utara

Facebook Andi Silangen
dr Fransicus Andi Silangen SpB Kbd dan istrinya 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Petahana Olly Dondokambey-Steven Kandouw berpeluang memenangkan perebutan suara Pilkada Sulawesi Utara di Nusa Utara (Kabupaten Kepulauan Sangihe, Talaud dan Sitaro). Fransiskus Andi Silangen disebut memberikan coat-tail effect (efek ekor jas) bagi Olly-Steven setelah dilantikan sebagai Ketua DPRD Sulut, Senin (26/10/2020). Dokter Andi sebagai pendulang suara untuk paslon dari PDIP ini.

Baca juga: Gerindra Yakin Sandi Setia: PPP Ingin Bajak Sandiaga Uno

Pengamat politik dari Universitas Sam Ratulangi, Jefry Paat mengatakan, Silangen memang politisi dari Nusa Utara. "Paling tidak memang ada pengaruh bagi masyarakat Nusa Utara dengan penunjukan Silangen terhadap elektabilitas Olly-Steven di pilgub ini," sebut Paat.

Kata dia, terutama masyarakat yang dekat dan kenal dengan Pak Silangen ini. Pengaruhnya ada tetapi tidak signifikan, karena tidak berkontribusi langsung dengan mereka (pemilih).

Selain itu, dia menambahkan, penempatan pejabat memang harus dilihat secara kualitas, karena memang penunjukan seperti ketua dewan ini bukan semata-mata dilihat dari perwakilan etnis. Perwakilan etnis itu sudah terlihat dan terakomodir dari waktu ketika mereka menjadi legislatif. "Ketika mereka sudah menjadi calon legislatif itulah perwakilan dari etnis," sebutnya.

"Dan untuk menjadi ketua dewan itu harus dilihat dari kualitas dan senioritas dari partai, jadi hal ini yang perlu dilihat oleh masyarakat bukan karena dari perwakilan etnis," ujar Paat.

Dokter Andi dilantik sebagai Ketua DPRD Sulut di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Cengkih, Senin (26/10/2020) sore. Dia mengucap sumpah janji dipandu Ketua Pengadilan Tinggi Arief Supratman didampingi rohaniawan. Hadir dua mantan Ketua DPRD Sulut, Steven Kandouw (2014-2016) dan Andrei Angouw (2016-2020).

Usai proses pelantikan dilakukan memori serah terima jabatan, sekaligus penyerahan palu pimpinan sidang dari Wakil Ketua DPRD Victor Mailangkay. Andi langsung memimpin rapat. "Dengan memanjatkan puji syukur saya menerima jabatan Ketua DPRD sambil mengucap syukur dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Saya akan melanjutkan rapat paripurna DPRD hari ini," katanya.

Baca juga: Jokowi Minta Harga Vaksin Terjangkau

Andi yang juga aktif sebagai seorang penginjil ini pun mengutip ayat Alkitab Mazmur 127:1 "Jikalau bukan Tuhan yang membangun rumah, sia-sialah usaha orang yang membangunnya. Jikalau bukan Tuhan yang mengawal kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga."

"Kalau bukan Tuhan Yesus yang mengangkat saya maka sia-sialah segalanya," ujar suami dari Kapala Dinas Sosial Sulut, dr Rinni Tamuntuan ini. Ia pun mengucap terima kasih diberi kepercayaan oleh PDIP telah merekomendasikannya sebagai Ketua DPRD Sulut dan ditetapkan Menteri Dalam Negeri.

"Saya ucapkan terimakasih kepada Ketua Umum PDIP Ibu Megawati Soekarnoputri, Ketua DPD PDIP Sulut Olly Dondokambey bersama pengurs DPD, DPC, PAC, ranting, dan anak ranting. Serta para simpatisan dan senior partai. Tanpa dukungan tidak mungkin saya ada di sini," katanya.

Halaman
123
Penulis: Tim Tribun Manado
Editor: Lodie Tombeg
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved