Breaking News:

Tajuk Tamu

Penanggulangan Terorisme Melalui Media Sosial di Masa Pandemi Covid-19

Jika media tradisional seperti televisi, radio atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga yang banyak, maka lain halnya dengan media sosial.

Penulis: Isvara Savitri | Editor: Rizali Posumah
Istimewa.
Kompol Herry Kandati (Mahasiswa S3 Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian) 

Penulis: Kompol Herry Kandati (Mahasiswa S3 Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian)

Pesatnya perkembangan media sosial juga dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri.

Jika media tradisional seperti televisi, radio atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga yang banyak, maka lain halnya dengan media sosial.

Para pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan jaringan internet tanpa biaya yang besar dan dapat dilakukan sendiri dengan mudah.

Media sosial tidak dipungkiri menjadi bagian dari meluasnya informasi mengenai terorisme. Media daring merupakan bagian dari perkembangan global melalui teknologi.

Kelompok teroris bebas menyebarkan ajaran dan ideologinya karena berlindung di balik payung demokrasi. Kebanyakan dari mereka menyebarkan ajarannya memanfaatkan kemajuan teknologi, salah satunya media sosial.

Penggunaan teknologi dan media sosial pun membuat jejak para teroris dan penyebar ajarannya tak terlihat.

Ajaran ini pun bisa masuk disemua kalangan tak mengenal profesi dan latar belakang. Berlatar dari penggunaan media sosial yang beriringan dengan majunya teknologi.

Tiga negara Asia Tenggara yakni Indonesia, Filipina, dan Malaysia sepakat mempelajari sebuah rencana untuk membendung penyebaran terorisme melalui media sosial.

Pertemuan yang diselenggarakan oleh para Menteri Luar Negeri dari ketiga negara tersebut sebagai penegasan kembali atas komitmen bersama untuk menangani tantangan dan ancaman tradisional yang berpotensi mengganggu stabilitas dan kesejahteraan Negara Kawasan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved