Pilkada 2020

Pengamat Politik Sulut Sebut PDIP Harus Mampu Merebut Simpati Parpol Lain Untuk Menangkan Pilkada

Partai PDIP mulai memikirkan untuk mengajak parpol lain khususnya di luar Pemerintahan untuk bisa berkolaborasi dalam memperkuat dukungan.

Penulis: Mejer Lumantow | Editor: Rizali Posumah
Istimewa/Internet
pengamat politik prof welly Areros. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOROKO - Pilkada Serentak 2020 sudah semakin dekat, sementara kekuatiran untuk memenangkan Pilkada di daerah Kabupaten/Kota dan Provinsi memaksa partai-partai politik untuk sedapat mungkin membangun koalisi dengan Parpol lain.

Demikian yang dikatakan Pengamat Politik Prof Welly Areros. 

Hal ini, kata dia, terlihat pada Partai PDIP yang mulai memikirkan untuk mengajak parpol lain khususnya di luar Pemerintahan untuk bisa berkolaborasi dalam memperkuat dukungan memenangkan Pilkada nanti.

"Mau tidak mau PDIP harus secepatnya merebut simpati dari beberapa partai politik seperti Partai Demokrat dan PKS untuk membangun koalisi yang kuat," sebut Areros kepada Tribun Manado.

Menurutnya, Kecenderungan ini membuat Mekanisme 'Pasar' politik akan menjadi ramai, karena fokus pada bagaimana mendapatkan dukungan suara pemilih lewat parpol-Parpol yang ada di luar pemerintahan.

"Hal ini menjadi momen untuk menambah kekuatan manuver bagi PDIP sebagai Lokomotif Politik di Sulut yang terus bergerak maju untuk mengandeng gerbong politik yang lain agar bisa bergabung untuk memenangkan Pilkada 2020," jelas Areros.

Fenomena seperti ini tentu membuat pertarungan politik semakin seru, harga tawar makin tinggi untuk dapat menguasai kekuatan-Kekuatan partai politik di luar pemerintahan agar bisa berkoalisi secara terbuka.

Nah, pertanyaannya apakah keinginan untuk berkoalisi dari Parpol diluar pemerintahan ini akan di sambut dengan baik oleh partai-partai politik yang mau berkoalisi ataukah mungkin tetap bertahan di luar pemerintahan sesuai komitmen awal dalam menyusun Pemerintahan kita?

"Sekarang apakah PDIP bisa membangun kolalisi? tergantung dari kesepakatan bersama, kita lihat saja nanti sebelum Pilkada di laksanakan," kunci Prof Areros. (Mjr).

Pemkab Boltim Gelontorkan Rp 8,6 Miliar untuk Gaji 13

Penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru Perlu Perhatian Serius dari Pemerintah dan Masyarakat

Wamendag Jerry Ajak Para Menteri dan Lembaga Tingkatkan Komitmen Selesaikan Masalah GSP

 

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved