Update Virus Corona Sulut

Penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru Perlu Perhatian Serius dari Pemerintah dan Masyarakat

Provinsi Sulawesi Utara saat ini tengah melakukan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), menuju masyarakat produktif dan aman Covid-19

Penulis: Erlina Langi | Editor: David_Kusuma
Tribun Manado/ Don Ray Papuling
Pakar Epidemiologi Sulut Prof Grace Kandou, Rabu (22/7/2020) saat menjadi narasumber dalam webkusi yang diselenggarakan Tribub Manado. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Provinsi Sulawesi Utara saat ini tengah melakukan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), menuju masyarakat produktif dan aman Covid-19.

Meski begitu penerapan AKB di tengah melonjaknya kasus Covid-19 sangat berisiko tinggi jika tidak diikuti oleh keseriusan baik pemerintah maupun masyarakat.

Hal ini diungkapkan Pakar Epidemiologi Sulut Prof Grace Kandou, Rabu (22/7/2020) saat menjadi narasumber dalam webkusi yang diselenggarakan Tribub Manado. Ia mengatakan memang saat ini masyarakat harus secepatnya dapat membiasakan diri untuk mengikuti berbagai protokoler kesehatan dan anjuran pemerintah dalam AKB

Bakal Dukung Michaela Paruntu, Perindo Minsel: Pembicaraan Sudah Sangat Serius

"Disisi lain pemerintah juga wajib melakukan pengawasan ketat saat penerapan AKB, sebab tak bisa dipungkiri, tingkat kesadaran masyarakat untuk mengikuti berbagai protokol kesehatan dan anjuran pemerintah masih rendah, sehingga perlu mendapatkan perhatian khusus," bebernya.

Ia mengatakan, selama ini sosialisasi AKB juga kurang gencar dilakukan oleh pemerintah. "Sebab masih banyak masyarakat yang belum secara detil mengetahui seperti apa adaptasi kebiasaan baru tersebut, sehingga ini yang masih menjadi 'PR' bagi pemerintah, bagaimana mensosialisasikan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat," jelas dia

"Selain itu, ada tips penting bagi masyarakat dimasa pandemi ini, terutama bagi pekerja yang memang harus keluar rumah untuk mencari nafkah, yakni dengan menjaga sistem imunitas, karena dengan tingginya tingkat kekebalan tubuh kita, tentu akan mampu menghadapi virus ketika kita tertular," terangnya.

Namun, tambah Grace khusus pekerja yang beraktivitas, tentu harus sadar, meski kekebalan tubuh kita kuat, harus mengingat ada orang tua dirumah, sehingga dianjurkan selalu membersihkan diri dengan mandi sebelum berinteraksi dengan orang di rumah

"Memang penerapan AKB di tengah melonjaknya kasus Covid-19, ibaratkan bua simalakama, dimana perlu rasa tanggung jawab yang tinggi, bagi seluruh elemen masyarakat. Sebab tanpa kesadaran yang tinggi mengikuti protokoler kesehatan dan anjuran pemerintah maka penerapan adaptasi kebiasaan baru sangat beresiko untuk meningkatkan penularan," tandasnya. (drp)

IM3 Ooredoo #Collabonation Concert Hadir Lagi, Kolaborasi Epik Rendy Pandugo dan Pamungkas

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved