Breaking News:

Update Virus Corona Minahasa

Sambut New Normal, Pemkab Minahasa Benahi Proptap di Lokasi Wisata

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Minahasa kini sedang mempersiapkan objek-objek wisata untuk dibuka kembali untuk umum

Tribun manado / Andreas Ruaw
Air Terjun Tunan 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Sambil menunggu Peraturan Bupati (Perbup) Minahasa tentang New Normal atau kebiasaan baru, mengenai pembukaan tempat-tempat umum lainnnya, termasuk sektor Pariwisata, maka Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Minahasa kini sedang mempersiapkan objek-objek wisata untuk dibuka kembali untuk umum.

Kepala Disbudpar Minahasa, Teddy Sumual mengatakan, di masa pandemi Covid-19, seluruh objek pariwisata di Kabupaten Minahasa tutup untuk umum, sehingga berdampak pada sektor lain seperti usaha kuliner pengusaha kecil dan menengah.

Untuk itu, kata Sumual, memasuki kebiasaan baru, Pemkab Minahasa melalui Disbudpar mulai mempersiapkan semua objek wisata.

Baik wisata pegunungan, pantai, maupun tempat-tempat bersejarah Minahasa, seperti Monuman Benteng Moraya Tondano.

VAP Sambangi Pengurus Partai Hanura

Dikatakan Sumual, dengan akan beroperasinya sektor pariwisata, maka akan berdampak juga pada sektor lain.
Sehingga kembali menggairahkan perekonomian dikalangan usaha kecil dan menengah.

"Untuk pertama, kita mengoptimalkan Monumen Benteng Moraya, karena itu dikelolah Pemkab Minahasa," kata dia, Rabu (15/7/2020).

Selanjutnya kata Sumual, untuk objek - ojek wisata lainnya, seperti pantai timur Mahembang, Rumbia, Bukit Tinggi, Parentek, Ranowangko dan lainnya yang sudah dikelolah Pemerintah Desa, akan dioptimalkan kemudian.

Diserang Corona, Gowes Justru Jadi Trending di Bolsel

"Nanti setelah Benteng Moraya, akan diikuti objek wisata lainnya, seperti wisata pantai timur yang sudah ada pengelolah jelas seperti pemerintah desa.

Juga ada yang dikelolah swasta yang sudah jelas yakni Padies Kimuwu, Makatetey, Tetetana, wisata Arung Jeram di Sonder, dan objek wisata lainnya yang sudah ada pengelolahnya," terang Sumual.

Namun demikian ia menjelaskan bahwa protokol kesehatan secara ketat tetap diterapkan pada objek-objek wisata yang akan dibuka ini. Seperti menyediakan tempat cuci tangan, alat pengukur suhu serta media informasi.

"Ini menindak lanjuti juga Webinar tentang pariwisata menuju kebiasaan baru, termasuk kebiasaan baru di sektor Pariwisata Kabupaten Minahasa," pungkasnya.

Kuota Internet Bisa Dibiayai Dengan Dana Bos

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved