Breaking News:

HASIL SURVEI: Prabowo Subianto Calon Kuat Pilpres 2024, Ganjar dan Ridwan Naik, Anies Menurun

Survei CPCS juga menunjukan terjadinya perubahan signifikan dalam peta elektoral menuju Pemilu 2024.

AP/Vincent Thian
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemilihan Presiden nanti akan digelar pada tahun 2024.

Namun berbagai lembaga survei mulai melakukan penelitian terkait bursa calon presiden Republik Indonsia 2024.

Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak terhadap perekonomian, Survei yang dilakukan oleh Center for Political Communication Studies (CPCS) juga menunjukan terjadinya perubahan signifikan dalam peta elektoral menuju Pemilu 2024.

"Tiga tokoh muncul sebagai kekuatan utama dalam pertarungan memperebutkan posisi calon presiden 2024, yaitu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil," kata Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta S K dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Minggu (12/7/2020).

Menurut dia, Prabowo yang merupakan mantan calon presiden pada Pilpres 2019, masih bertengger di urutan pertama, meskipun mengalami penurunan dari survei yang dirilis CPCS pada Maret 2020.

Hasil survei Center for Political Communication Studies (CPCS) terkait elektabilitas capres pada Pemilu 2024.
Hasil survei Center for Political Communication Studies (CPCS) terkait elektabilitas capres pada Pemilu 2024. (ANTARA/HO-Survei Center for Political Communication Studies (CPCS))

Elektabilitas Prabowo mencapai 18,4 persen, turun dari survei sebelumnya sebesar 22,7 persen. Sebaliknya Ganjar dan Kang Emil sama-sama mengalami kenaikan yang sangat signifikan.

Elektabilitas Ganjar naik dari 8,5 persen menjadi 13,5 persen, sedangkan Kang Emil naik dari 5,8 persen menjadi 11,3 persen atau hampir dua kali lipat.

Demikian pula dengan urutan kedua gubernur tersebut, di mana Ganjar sebelumnya hanya berada di posisi keempat naik menjadi posisi kedua, dan Kang Emil naik dari posisi kelima kini berada di posisi ketiga.

Menurut Okta, kenaikan elektabilitas Ganjar dan Kang Emil tidak bisa dilepaskan dari posisi keduanya sebagai kepala daerah kaitannya dengan penanganan pandemi Covid-19 di daerahnya.

Banyak kebijakan yang diserahkan oleh pemerintah pusat kepada daerah dalam pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan upaya lain, seperti pembagian bansos dan penanganan kesehatan.

Halaman
123
Editor: Ventrico Nonutu
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved