Berita Bitung

Hadapi Ujian Semester, Ini yang dilakukan Sekolah di Bitung

Untuk siswa yang memiliki fasilitas pendukung handphone atau daring soalnya langsung di kirimkan melalui handphone

Kolase / Tribun manado / Christian Wayongkere
Kepala SMKN 2 Bitung Meryati Taegetan dan Kepala SMAN 3 Bitung di pulau Lembeh Ronny Bawotong 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Di tengah pandemi Covid 19 proses atau tahapan pendidikan di sejumlah sekolah di Kota Bitung berlangsung dengan metode pendidikan luar jaringan (luring) dan dalam jaringan (daring).

Seperti yang dilakukan SMKN 2 Bitung, mulai Selasa (2/6/2020) mulai melaksanakan ujian kenaikan kelas semester genap, tahun ajaran 2019-2020 untuk kelas X dan XI di 11 jurusan.

"Jadi, para siswa mengerjakan soal ujian dari rumah," tutur Meryati Taegetan kepala SMKN 2 Bitung kepada wartawan, Selasa (2/6/2020).

Dia menjelaskan, untuk siswa yang memiliki fasilitas pendukung handphone atau daring soalnya langsung di kirimkan melalui handphone, sementara untuk mereka yang luring atau tidak menerima informasi melalui handphone dan tidak terjangkau sama sekali soal ujiannya akan di kirim oleh wali kelas kepada siswa.

Lion Air Group Stop Sementara Penerbangan Mulai 5 Juni 2020, Banyak Penumpang Tak Patuhi Aturan

Kepala sekolah  Ela begitu sapaannya menambahkan, ada seorang siswa yang saat ini sudah pulang kampung halaman di Gorontalo sehingga soal ujiannya di ambil langsung oleh orangtuanya di sekolah. 

Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, memakai masker, cuci tangan di air mengalir pakai sabun dan menjaga jarak.

"Kami dari pihak sekolah memberikan biaya transport kepada wali kelas yang membawa soal ujiannya kepada siswa dan pulsa data kepada siswa dan guru dalam proses ini," tambahnya.

Selain itu SMKN 2 Bitung tengah bersiap untuk melaksanakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara online, para siswa yang telah menyelesaikan studi dari sekolah menengah pertama (SMP) bisa melakukan proses ini dari rumah.

Lakukan Pertemuan, WL-MG Seakan Kian Beri Signal Berduet di Pilkada Tomohon

Dengan mengakses link yang diberikan oleh dinas pendidikan daerah provinsi Sulut, 10 hari sebelum waktu pelaksanaan penerimaan yaitu tanggal 22-27 Juni 2020.

Di SMKN 2 Bitung ada 26 rombel (rombongan belajar) atau 26 ruang belajar yang disiapkan.

Terpisah Ronny Bawotong kepala SMAN 3 Bitung di Pulau Lembeh, menjelaskan terkait dengan evaluasi belajar di rumah yang sudah beberapa bulan ini dilaksanakan para siswa.

"Ada siswa yang tekun mengerjakan tugas via rumah belajar, google classroom, messenger danWA. Tapi ada juga siswa yang blum optimal dalam perampungan tugas," tutur Ronny.

Pihaknya juga tengah mempersiapkan penerimaan siswa baru PPDB online dibuka pada tanggal 22-27 Juni 2020 dengan ketersediaan 4 rombel.

Sekolah juga memberikan kepada siswa yang terjangkau internet kuota pulsa Rp 50 ribu  per bulan dan yang tidak terjangkau internet ada guru yang ditugaskan mengantar tugas tapi mengikuti standarisasi Covid-19 ke rumah para siswa, dalam pelaksanaan ujian semester.(crz)

Pemakaman Jenazah PDP yang Tak Sesuai Protokol Covid-19 Bahayakan Warga, Ini Kata Pakar Epidemiologi

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved