Torang Kanal

Cewek Manado - Linovia Sumilat, Pencegahan DBD Dimulai dari Keluarga

Penyakit demam berdarah dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Hal itu diungkapkan Linovia Sumilat, mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat

Cewek Manado - Linovia Sumilat, Pencegahan DBD Dimulai dari Keluarga
Istimewa
Linovia Sumilat 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Penyakit demam berdarah dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Hal itu diungkapkan Linovia Sumilat, mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat di Universitas Sam Ratulangi (Samrat).

Wanita kelahiran Wolaang, 4 Oktober 1997 ini percaya, pencegahan terhadap penyakit DBD bisa dimulai dari lingkungan keluarga.

"Kenapa di mulai dari keluarga? Karena secara garis besar, segala perubahan besar itu dimulai dari hal kecil," kata Linovia.

Cewek Manado - Meliamega Fehr, Jaga Daya Tahan Tubuh untuk Antisipasi Virus Corona

Menurutnya jika banyak orang sudah sadar untuk melakukan pengawasan lingkungan sekitar rumah, akan berpengaruh dalam pencegahan penyakit DBD.

"Misalnya menutup tempat penampungan air, mengurasnya secara rutin minimal seminggu sekali, mengubur tempat genangan air, dan memantau jentik nyamuk di dalam dan di luar rumah," katanya.

Ia juga menjelaskan, cara mencegah DBD yang dulu dikenal dengan istilah 3M, kini sudah menjadi 4M plus, yakni menutup, menguras, mengubur dan memantau (4M).

Doa Bersama dari Manado untuk Warga Wuhan

"Saya kira dengan 4 M plus (mengubur, menguras, menutup, dan mengawasi), breeding place (tempat yang memungkinkan terjadinya perkembangbiakan) nyamuk DBD dapat diminimalisir," ungkap perempuan yang hobi membaca ini.

Ia berharap, pemerintah dapat terus mendukung masyarakat dengan program-program kesehatannya.

"Kalau bisa sekali-sekali petugasnya turun langsung (blusukan) lah, agar masyarakat termotivasi untuk melakukan kegiatan 4 M plus secara rutin demi tercapainya derajat kesehatan yg memadai," tutupnya.(fis)

Ketika Ibu-ibu Bhayangkari Polda Sulut unjuk Kekuatan

Penulis: Fistel Mukuan
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved