Berita Bitung

Ritual Memohon Restu Cap Go Meh Klenteng Seng Bo Kiong, Umat Bersorak Katakan Sio Poe

Umat Klenteng Seng Bo Kiong, Rohaniwan dan delapan petugas sembahyang melaksanakan upacara sembahyang permohonan khusus tentang prosesi Guang Xio

Ritual Memohon Restu Cap Go Meh Klenteng Seng Bo Kiong, Umat Bersorak Katakan Sio Poe
Tribun manado / Christian Wayongkere
Ritual Memohon Restu Cap Go Meh Klenteng Seng Bo Kiong 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kepulan asap dan bau dupa tercium jelas di dalam Klenteng Seng Bo Kiong, Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Bagi mereka yang belum terbiasa, akan merasa perih atau pedih di mata.

Tapi bagi umat Klenteng dan Tridharma sudah terbiasa, bahkan mereka tahan hingga berjam-jam.

Klenteng terletak di jalan 46 atau jalan SH Sarundajang Kelurahan Kadoodan Kecamatan Madidir, Kota Bitung.

Turis Tiongkok di Manado Doakan Negaranya yang Sedang Dilanda Virus Corona

Umat Klenteng Seng Bo Kiong, Rohaniwan dan delapan petugas sembahyang melaksanakan upacara sembahyang permohonan khusus tentang prosesi Guang Xio atau lebih dikenal dengan sebutan Cap Go Meh tahun Imlek 2571, Selasa (28/1/2020).

Pelaksanaan sembahyang ini tepat pada Twa Pi Kwong Nae, dilaksanakan pasca-tahun baru Cina Imlek 2571 yang jatuh pada Jumat (24/1/2020).

Menggunakan pakaian serba putih-putih, mereka suntuk memanjatkan permohonan mengikuti dipimpin oleh Rohaniwan Klenteng Seng Bo Kiong dan umat Tridharma Kota Bitung Rolly Ciwulusang alias Ko Awo.

Ritual Memohon Restu Cap Go Meh Klenteng Seng Bo Kiong
Ritual Memohon Restu Cap Go Meh Klenteng Seng Bo Kiong (Tribun manado / Christian Wayongkere)

Lewat sembahyang kepada roh suci atau Sin Beng, Ko Awo lebih dulu memanjatkan doa mohon restu apakah umat diizinkan melakukan doa atau sembahyang memohon dikabulkannya pelaksanaan prosesi Goan Xio atau Cap Go Meh.

Roh suci atau Sin Beng pun merestui permohonan itu, ditandai dengan dilemparkannya ke lantai dua buah benda yang terbuat dari kayu berbentuk kulit kacang atau Poa Pwe oleh rohaniwan.

Pada posisi Poe Pwe satu terbuka dan satu tertutup, pertanda permohonan direstui untuk dilanjutkan pada permohonan selanjutnya.

Penerbangan Cina ke Manado Dihentikan Sementara, Olly: Kalau Rakyat Kena, Gubernur Juga Kena

Permohonan doa untuk restu pelaksanaan Guan Xio atau Cap Go Meh dilakukan oleh Herawati Halim satu di antara delapan petugas sembahyang.

"Mohon atas pelaksanaan proses Goan Xio di tahun Imlek 2571 mendapatkan restu, mohon petunjuk Sio Poe," ucap Herawati sembari melempar Poe Pwe ke lantai.

Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved