Breaking News:

Hari Natal dan Tahun Baru

Libur Natal dan Tahun Baru, Penumpang di Bandara Samrat Manado Naik 5 Persen

Jumlah penumpang selama masa libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 meningkat dibandingkan periode 'peak season' serupa tahun sebelumnya

Penulis: Fernando_Lumowa | Editor: David_Kusuma
Tribun Manado / Fernando Lumowa
Penutupan Posko Terpadu Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Bandara Sam Ratulangi Manado, Senin (06/01/2020). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Jumlah penumpang selama masa libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 meningkat dibandingkan periode 'peak season' serupa tahun sebelumnya.

Berdasar data Posko Terpadu Angkutan Udara Bandara Sam Ratulangi, selang 19 Desember 2019 hingga 6 Januari, terjadi kenaikan jumlah penumpang sebesar 5 persen.

"Jumlah penumpang di musim liburan Natal dan Tahun Baru kali ini naik hingga 5 persen," ujar GM PT Angkasa Pura I Bandara Samrat Manado Minggus Gandeguai, usai penutupan Posko Terpadu Angkutan Udara Nataru, Senin (06/01/2020).

Dengan jumlah sebanyak itu, rata-rata pergerakan penumpang di Bandara Samrat selama libur Natal dan Tahun Baru yang baru lewat mencapai 7.095 orang per hari.

Gereja Berdiri Kokoh Walaupun Diterpa Banjir Bandang

Penutupan Posko Terpadu Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Bandara Sam Ratulangi Manado, Senin (06/01/2020).
Penutupan Posko Terpadu Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Bandara Sam Ratulangi Manado, Senin (06/01/2020). (Tribun Manado / Fernando Lumowa)

"Kenaikan ini karena ada beberapa maskapai menambah jumlah kursinya. Garuda misalnya mengganti pesawat. Dua-dua slot penerbangannya pakai Airbus yang seat-nya lebih banyak," katanya.

Sementara, pergerakan pesawat naik sangat tipis, cuma 0,5 persen. Total pergerakan pesawat 1.241 kali. "Rata-rata pergerakan pesawat 65 per hari," jelas Minggus yang didampingi Kepala Posko Terpadu Angkutan Nataru, Yusman.

Sementara, untuk kargo juga mengalami peningkatan 4 persen sebanyak 773 ton dibandingkan periode sama tahun lalu. Rata-rata pergerakan kargo 41 ton per hari. "Hanya saja, tidak seimbang antara kargo masuk dan keluar. Paling banyak kargo masuk," jelasnya.

Cerita Ibu Korban Banjir di Desa Lebo, Terseret Air ke Laut, Tuhan Tolong, Saya Belum Siap Meninggal

Cerita Yuniwan Budiman Selamat dari Banjir Bandang, Bawa Satu Keluarga ke Atas Pohon Nangka

Sementara, untuk On Time Performance (OTP) atau ketepatan waktu terbang selama masa posko 56 persen. Minggus akui, capaian ini di bawah target 70 persen. Penyebabnya beragam. Mulai dari alasan cuaca, teknis hingga nonteknis.

Posko Terpadu Angkutan Udara Nataru Bandara Samrat resmi ditutup di area lobby Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado.

Selama operasional Posko ini, sedikitnya ada 95 personel gabungan yang terlibat. Para petugas itu berasal dati PT Angkasa Pura I (Persero), Dinas Perhubungan Sulawesi Utara, Kantor Otoritas Bandara Wilayah VIII Manado, Airnav Indonesia.

Ibadah Natal Rukun Kace Kai Ang, Pdt Weken: Teladani Yesus, Jauhi Iri Hati dan Dengki

Lalu, TNI AU Manado, TNI AL Manado, Polsek Kawasan Bandara, BASARNAS, BMKG dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Udara.

Mereka setiap harinya bertugas secara bergantian terbagi dalam shift terlibat dalam kegiatan posko.

Posko Terpadu ini diselenggarakan sebagai pusat informasi terpadu, layanan kesehatan dan penunjang fasilitas lainnya bagi calon penumpang Bandara Sam Ratulangi Manado.

Tak Mau Pergi Setelah Diusir KRI Tjiptadi-381, Kapal Coast Guard Cina Masih Dalam ZEE

Minggus bilang, pemantauan, pengendalian dan evaluasi telah dilaksanakan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang tidak lepas dari Standard Operasional Prosedur (SOP) masing-masing stakeholder.

"Tentunya apresiasi setinggi-tingginya untuk semua pihak terkait yang sudah memberikan waktu dan tenaga mereka demi menunjang pelayanan udara yang prima dalam periode Posko Nataru kali ini, terlebih untuk kerja sama dan sinergi yang sudah terjalin sangat baik," ungkap Minggus.(ndo)

Terkait Skandal Jiwasraya, Berikut Daftar Orang yang Diperiksa Kejagung

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved