Ongkos Pesawat Sekeluarga Rp 49 Juta: Kawanua Jakarta Enggan Natalan di Kampung

Momen spesial Natal dan Tahun Baru membuat galau bagi sebagian orang di perantauan. Penyebabnya harga tiket pesawat yang melambung 1 kali

Ongkos Pesawat Sekeluarga Rp 49 Juta: Kawanua Jakarta Enggan Natalan di Kampung
dewangga ardhiananta/tribun manado
Karyawati Star Express Tours & Travel di Manado melayani calon penumpang pesawat, Rabu (04/12/2019). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Momen spesial Natal dan Tahun Baru membuat galau bagi sebagian orang di perantauan. Penyebabnya harga tiket pesawat yang melambung 1 kali lipat. Contoh untuk rute penerbangan Manado-Jakarta tembus Rp 4,9 juta, naik 104 persen dibandingkan tahun lalu di kisaran Rp 2,4 juta (lihat grafis).

Jika sekeluarga 5 orang, menyiapkan Rp 49 juta, hanya ongkos pesawat bolak-balik Jakarta-Manado. Seperti dikeluhkan beberapa warga baik di Manado maupun di Jakarta.

Bupati Cantik Ini Usung Airlangga Capres 2024

Natal kali ini mungkin tak seperti sebelumnya bagi Ronald Theovani. Harga tiket yang relatif mahal membuatnya galau. Ia berpikir panjang untuk pulang ke Jakarta kumpul dengan keluarga. Warga Perum GPI Mapanget ini rutin mengecek harga tiket Manado-Jakarta melalui ponsel pintarnya. "Harganya Rp 1,9 jutaan. Bahkan ada yang di atas Rp 2 jutaan," kata Ronald, Rabu (4/12/2019).

Harga itu untuk tiket pesawat kelas non 'full service' seperti Lion Air dan Sriwijaya. "Untuk Garuda Indonesia dan Batik Air malah lebih mahal lagi," katanya.

Sama dirasakan Andro Lumangkun, warga Kotamobagu. Mahasiswa Universitas Satya Wacana Salatiga ini kemungkinan besar membatalkan rencananya pulang kampung. "Harga tiket dari Semarang maupun Yogyakarta ke Manado lumayan mahal.

Harga naik karena tidak ada penerbangan langsung," katanya. Ia bilang akan terus memantau aplikasi penjual tiket online. "Siapa tahu ada harga turun. Supaya bisa Natalan di kampung," katanya.

Pantauan Tribun Manado, harga tiket domestik dari dan ke Manado mulai naik pekan ini. Untuk rute Jakarta-Manado dan Manado-Jakarta, Lion Air menjualnya Rp 1,9 juta hingga Rp 2 jutaan. Sebelumnya, kita masih bisa menemukan penawaran Rp 1,7 jutaan untuk rute ini. Bahkan, untuk H-2 Natal, kebanyakan bertahan di angka Rp 2,4 juta. Sementara, harga tiket Garuda Indonesia rata-rata Rp 2,9 jutaan hingga Rp 3 jutaan.

Gubernur Kepri Nurdin Basirun Hanya Diam saat Didakwa Terima Gratifikasi Rp 4,22 Miliar

Sales and Service Manager Garuda Indonesia Cabang Manado, Agny Gallus Pratama mengatakan, permintaan tiket rute Manado-Jakarta dan sebaliknya mulai naik di pekan kedua Desember.

Karena itu, maskapai pelat merah itu berani menggunakan pesawat berbadan besar, Airbus 330-200 untuk dua slot penerbangan dari dan ke Manado. "Mulai 13 Desember dua penerbangan kita pakai wide body. Jumlah kursi lebih banyak tapi kami yakin bisa terjual," katanya.

Soal harga, kata Agny, relatif stabil karena sudah diatur pemerintah melalui Keputusan Menhub No 106 Tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved