Cerita Megawati Selamatkan Prabowo: Marahi Menlu Lantaran Stateless

Hubungan Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto dikenal akrab. Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila

Cerita Megawati Selamatkan Prabowo: Marahi Menlu Lantaran Stateless
Tribunnews.com
usai-temui-jokowi-prabowo-kini-sambangi-megawati 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA — Hubungan Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto dikenal akrab. Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati menceritakan persahabatannya dengan Menteri Pertahanan yang telah terjalin sejak lama.

Menurut dia, persahabatannya dengan Prabowo merupakan bentuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila. Sebab, meskipun kerap berbeda kubu politik, tetapi keduanya tetap menjalin hubungan baik.

Koalisi Nasdem-Golkar-PAN Adang Petahana Gubernur

"Kenapa Pak Prabowo, sampai orang bingung kok saya bisa sobatan sama Prabowo Subianto? Memangnya kenapa? Karena kalau buat saya itu Pancasila saya," ujar Megawati dalam acara Presedential Lecture Internalisasi dan Pembumian Pancasila di Istana Negara Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Dalam acara yang turut dihadiri Prabowo itu, Megawati pun menceritakan bagaimana ia menyelamatkan mantan Danjen Kopassus itu dari stateless atau tanpa kewarganegaraan. Itu terjadi saat Megawati menjabat sebagai Presiden kelima RI pada 2001-2004 lalu. Namun, ia tak menyebutkan waktu pastinya.

Ia juga tak menjelaskan permasalahan apa yang membuat status kewarganegaraan Prabowo bermasalah. Ketua Umum PDI-P ini hanya menceritakan bahwa saat itu ia berang kepada Menteri Luar Negeri dan Panglima TNI karena Prabowo dibiarkan tak bernegara.

"Dulu saya ambil beliau keleleran (telantar), saya marah sebagai Presiden, siapa yang buang beliau stateless? Saya marah pada Menlu, saya marah pada Panglima. Apa pun juga beliau manusia Indonesia, pulang beri dia itu tanggung jawab," ucap Megawati.

Prabowo Subianto bersama Megawati Soekarnoputri serta Puan Maharani saat berswafoto usai Kongres V PDIP, Kamis (08/08/19)
Prabowo Subianto bersama Megawati Soekarnoputri serta Puan Maharani saat berswafoto usai Kongres V PDIP, Kamis (08/08/19) ((Foto: Grandyos Zafna))

 

Saingi Olly di Pilgub 2020, Tetty Calon Kuat Bendahara Umum Golkar

Jokowi Minta YouTubers hingga Selebtwit Dipakai untuk Membumikan Pancasila

Presiden Joko Widodo meminta kementerian dan lembaga menggunakan influencer untuk membumikan ideologi Pancasila di kalangan anak-anak muda. Hal ini disampaikan Jokowi dalam acara Presidential Lecture Internalisasi dan Pembumian Pancasila, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (3/12/2019).

"Coba lihat lebih dalam lagi tokoh atau influencer yang mereka ikuti siapa? Hati-hati di sini, BPIP juga harus melihat secara detail ini agar penyebaran lebih cepat dan kuat lagi," kata Jokowi. Hadir dalam acara ini jajaran Badan Pengarah Ideologi Pancasila (BPIP), para menteri kabinet kerja, Panglima TNI, Kapolri, Kepala BIN, hingga Jaksa Agung. 

Jokowi mengingatkan jajarannya tersebut bahwa jumlah anak muda di Indonesia sangat besar, yaitu mencapai 129 juta. Oleh karena itu, penting untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada mereka. "Kita harus mengerti, paham media komunikasi yang mereka gunakan apa, semua harus mengerti," ucap Jokowi.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved