Saingi Olly di Pilgub 2020, Tetty Calon Kuat Bendahara Umum Golkar

Tokoh perempuan Sulawesi Utara, Christiany Eugenia Paruntu berpeluang masuk pengurus inti Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar

Saingi Olly di Pilgub 2020, Tetty Calon Kuat Bendahara Umum Golkar
istimewa
Christiany Tetty Paruntu (kanan) memimpin rapat pleno pada Munas Partai Golkar di Jakarta, Selasa (3/12/2019) malam.

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Tokoh perempuan Sulawesi Utara, Christiany Eugenia Paruntu berpeluang masuk pengurus inti Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar. Tetty, panggilan akrab Bupati Minahasa Selatan ini, diplot menjadi bendahara umum (bendum) untuk memperkuat kepengurusan Airlangga Hartarto. 

Bila Tetty terpilih jadi Bendum Golkar, telah ada dua tokoh dari Sulut yang memegang jabat inti di parpol besar. Sebelumnya Olly Dondokambey menjadi Bendum PDIP pada Kongres PDIP di Bali Agustus lalu. Sekaligus memunculkan spekulasi Tetty sudah menyaingi Olly yang disebut bakal menjadi rivalnya di Pilgub Sulut 2020.

Munas Golkar, Bamsoet Mundur, Airlangga Langsung Ucap Syukur

Ketua DPD Golkar Sulut ini dipercayakan oleh peserta Munas ke-10 DPP Golkar sebagai pimpinan tetap rapat pleno di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Selasa (3/12/2019) malam.

Tetty, sapaan akrab Bupati Minahasa Selatan ini, duduk di meja sidang bersama Dedi Mulyadi, Azis Syamsuddin, Ibnu Munzir dan dua pengurus Golkar lainnya. Munas Golkar ke-10 dibuka langsung Presiden Joko Widodo. Tema Munas kali ini 'Golkar Indonesia', Indonesia Golkar'.

Informasi dari pengurus Golkar Sulut, Tetty masuk gerbong Airlangga. "Pak Ketum (Airlangga) ingin di dalam pengurus inti ada perwakilan tokoh perempuan dan perwakilan juga dari Indonesia Timur," ujar sumber resmi di Golkar Sulut, Selasa (3/12/2019).

Kesuksesan Tetty menakhodai Golkar Sulut adalah satu faktor, dia akan menjabat posisi bendum. Selain itu, Tetty dinilai tokoh perempuan sukses baik dari sisi pemerintahan (Bupati Minsel) maupun politik.

Munas dimulai 3 hingga 6 Desember 2019. Agenda utama, pemilihan ketua umum Partai Golkar periode 2019-2024. Awalnya ada 9 calon yang akan bertarung, Airlangga Hartarto, Bambang Soesatyo, Ridwan Hisjam, Ali Yahya, Achamad Annama, Indra Bambang Utoyo, Agun Gunandjar Sudarso, Derek Lopatty serta Aris Mandji. Namun dua calon yang namanya menguat yaitu Airlangga Hartarto dan Bamsoet.

DPD Golkar Sulut sudah menyatakan pilihan ke Airlangga. Beringin Sulut menilai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu layak untuk melanjutkan kepemimpinan 5 tahun mendatang.

Tetty yang juga Ketua I DPD Golkar Sulut mengatakan, dukungan terhadap Airlangga sudah disepakati jauh sebelum Munas digelar. Menurut dia, di bawah kepemimpinan Airlangga, Golkar mampu bersaing sebagai partai dua besar nasional. Selang beberapa tahun terakhir ini, Golkar menghadapi beberapa persoalan internal maupun eksternal, namun itu semua bisa dilewati.

Munas Golkar, Jokowi Bantah Intervensi, Ada yang Teriak: Kasih Bamsoet Sepeda

Tetty juga menilai pada Pileg dan Pilpres 2019, Airlangga sudah mendukung penuh pengurus di daerah. Ia mengajak para senior Golkar saling membantu dan mendukung dalam membesarkan partai.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved