Prabowo Diundang ke Syukuran Pelantikan Jokowi

Organ relawan pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin berencana menggelar syukuran di halaman Istana Negara

Prabowo Diundang ke Syukuran Pelantikan Jokowi
Kompas.com/Ihsanuddin
Jokowi dan Prabowo bertemu di Istana Negara 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Organ relawan pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin berencana menggelar syukuran di halaman Istana Negara pada hari pelantikan Jokowi-Ma'ruf sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024, Minggu, 20 Oktober mendatang. Relawan Jokowi-Ma'ruf juga mengundang Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus rival Jokowi pada Pilpres 2019 tersebut, Prabowo Subianto, ke kegiatan syukuran ini.

Hal itu disampaikan Andi Gani Nena Wea selaku Ketua Umum Organ Relawan Jokowi sekaligus Ketua Organizing Committee (OC) Syukuran Inaugurasi Presiden & Wakil Presiden RI 2019-2024, Jokowi-Ma'ruf, di Jakarta, Senin (14/10).

Ina Pemviral Penggal Jokowi Teriak Takbir: Divonis Bebas Majelis Hakim

Andi mengatakan, kegiatan ini bukan hanya untuk pendukung Jokowi-Ma'ruf karena kontestasi Pilpres 2019 sudah berakhir. "Sudah tidak ada cebong dan kampret lagi, kami persilahkan semuanya untuk hadir," ujarnya.

"Saya tidak menutup kemungkinan untuk itu (undang Prabowo). Toh kompetisi sudah selesai. Apalagi Pak Prabowo sahabatnya Pak Jokowi, dan panitia akan menyampaikan undangan ke Pak Prabowo," papar Andi.

Ia menjelaskan, usai proses pelantikan di Gedung DPR/MPR RI, para relawan akan menyambut kedatangan Jokowi-Ma'ruf di tepi jalan mulai Patung Kuda hingga halaman Istana Negara. Selain itu, akan disiapkan enam panggung untuk pagelaran seni dan budaya."Parade seni budaya dan kuliner dari seluruh provinsi di Indonesia akan dimulai lagi jelang kedatangan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia tiba di Istana Merdeka," jelasnya.

Andi memperkirakan acara syukuran ini pelantikan presiden dan wakil presiden ini akan dihadiri ribuan orang. Namun, ia memastikan tidak ada relawan yang bergerak menuju gedung DPR/MPR. Panitia menyiapkan lima layar berukuran besar untuk acara nonton bareng proses pelantikan Jokow-Ma'ruf.

Andi mengatakan akan ada 392 orang relawan Jokowi-Ma'ruf yang meramaikan syukuran pelantikan ini di halaman Istana Negara. Nantinya, enam orang perwakilan relawan akan diajak masuk ke dalam Istana Negara untuk menemui Jokowi-Ma'ruf.

Istri Kopda BD Menangis dan Menyesal

Ia memastikan tak ada kemewahan dalam proses perayaan pelantikan tokoh jagoan mereka ini. "Presiden ingin ini dirayakan dengan suasana kerakyatan dan kesederhanaan. Tidak ada resepsi yang berlebihan. Jadi, nanti Presiden-Wakil Presiden akan menemui massa relawan di halaman istana," ujarnya.

Selain di Jakarta, rangkaian kegiatan syukuran inaugurasi Jokowi-Ma'ruf juga akan digelar di beberapa kota lainnya. Di antaranya di Yogyakarta pada 19 Oktober 2019, dengan melibatkan ribuan peserta. Acara tersebut juga diiisi oleh marching band Universitas Gajah Mada (UGM) dan barisan prajurit keraton. "Di Yogyakarta melibatkan ribuan peserta. Kegiatan ini diinisiasi oleh Widihasto W Putra," kata Andi yang juga Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) ini.
Selain itu, ada juga rencana syukuran inaugurasi oleh komunitas mileneal di Kuningan, Jawa Barat.

Sementara itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan hasil rapat bersama antara pimpinan MPR, pimpinan fraksi DPR dan perwakilan DPD perihal pelantikan ini. Dari rapat itu disepakati pelantikan Jokowi-Ma'ruf sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024 dilangsungkan pada Minggu, 20 Oktober 2019, pukul 14.30 WIB. "Disepakati akan dilaksanakan pada 20 oktober jam 14.30 WIB," ujar Bambang.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved