Kader Gerindra Demo Terpilihnya Mulan Jameela: Prabowo Akan Digugat

Ratusan kader Partai Gerindra dan warga berunjuk rasa di kantor DPC Partai Gerindra Kabupaten Garut, di Jalan Proklamasi,

Kader Gerindra Demo Terpilihnya Mulan Jameela: Prabowo Akan Digugat
TRIBUNNEWS/NURUL HANA
Mulan Jameela 

TRIBUNMANADO.CO.ID, GARUT - Ratusan kader Partai Gerindra dan warga berunjuk rasa di kantor DPC Partai Gerindra Kabupaten Garut, di Jalan Proklamasi, Kecamatan Tarogong Kidul, Garut, Jawa Barat, Senin (23/9). Mereka memrotes keputusan DPP Partai Gerindra mengganti Ervin Luthfi dengan Mulan Jameela sebagai caleg terpilih.

Para kader partai membawa sejumlah spanduk berisi tuntutan agar DPP Gerindra menetapkan Ervin Luthfi menjadi anggota DPR RI terpilih dari Daerah Pemilih Jawa Barat XI.

Selain itu, spanduk pengunjuk rasa berisi pesan sindiran. Di antaranya spanduk bertuliskan 'Dulu Pelakor sekarang Perekor (Perebut Kursi Orang)'. Selain itu terdapat spanduk yang berisi 'Suara Rakyat Bisa Dikalahkan Oleh Suara Elite Partai'.

Baca: Terduga Teroris Cilincing Beli Bahan Bom di Toko Online: Berencana Ledakkan Kantor Polisi

Aksi unjuk rasa membuat ruas Jalan Proklamasi ditutup sebagian, mulai dari perempatan Jalan Pembangunan hingga pertigaan Jalan Mustofa Kamil.

Juru bicara Ervin Luthfi, Dedi Kurniawan menyampaikan, aksi ini menunjukkan kekecewaan kader dan masyarakat Garut atas putusan DPP Gerindra yang memberhentikan Ervin Luthfi yang sebelumnya telah ditetapkan KPU sebagai anggota DPR terpilih, namun selanjutnya digantikan Mulan Jameela.

"Ini sebagai bentuk apresiasi penolakan masyarakat Garut atas kedzoliman terhadap seseorang dan pelanggaran terhadap demokrasi yang sudah kita bangun secara jujur berdasarkan undang-undang," ujar Dedi.

Dedi menegaskan, jika putusan DPP Gerindra ini dibiarkan, maka akan menjadi preseden buruk bagi demokrasi dan sistem politik Indonesia. "Ini akan diikuti oleh partai-partai lain, makanya tidak boleh dibiarkan, masyarakat harus bergerak semua untuk menyelamatkan demokrasi, menyelamatkan partai politik agar tidak melakukan kesewenang-wenangan," jelas Dedi.

Pada 16 September 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengeluarkan Surat Keputusan tentang perubahan penetapan calon anggota DPR terpilih dari Pemilu 2019.

Dalam surat tersebut, KPU menetapkan Raden Terry Tantri Wulansari alias Mulan Jameela sebagai calon terpilih menggantikan caleg Gerindra yang terpilih, Ervin Luthfi, yang meraih suara ketiga terbanyak pada Pemilu 2019. Mulan juga menggantikan caleg Gerindra peraih suara terbanyak keempat, yakni Fahrul Rozi.

KPU menetapkan Mulan Jameela sebagai caleg terpilih dalam Pileg 2019 setelah menerima surat dari DPP Partai Gerindra berisi pemberhentian kedua dua caleg mereka, Fahrul Rozi dan Ervin Luthfi.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved