Jaksa Tuntut Gus Nur Hukuman Penjara Dua Tahun

Sugi Nur Raharja atau dikenal sebagai Gus Nur, terdakwa kasus pencemaran nama baik terhadap akun media sosial

Penulis: Tim Tribun Manado | Editor: Lodie_Tombeg
Jaksa Tuntut Gus Nur Hukuman Penjara Dua Tahun
kompas.com
Gus Nur

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sugi Nur Raharja atau dikenal sebagai Gus Nur, terdakwa kasus pencemaran nama baik terhadap akun media sosial Generasi Muda NU, mengundang siapapun yang membenci dirinya makan bersama.

Terdakwa kasus pencemaran nama baik terhadap akun Generasi Muda NU, Sugi Nur Raharja atau dikenal dengan Gus Nur mengatakan, dirinya akan mengundang siapapun yang membenci dirinya. Gus Nur mengajak mereka untuk bersantap malam pada 14 September 2019 mendatang.

Baca: Mobil Jokowi Mogok saat Kunjungan: Bagi Sertifikat di Kalimantan Barat

"Saya undang makan-makan tanggal 14 September 2019 nanti, ba'da isya daripada ramai di media sosial. Saya fasilitasi semua, makan, kamar, semuanya," ujar Gus Nur usai menjalani sidang di Pengadilan Negeri Surabaya, Kamis (5/9).

"Kita bertabayun kan enak. Semua yang punya dendam kesumat kepada saya," sambung Gus Nur.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Oki Muji Astuti dari Kejaksaan Tinggi Jawa Timur menuntut terdakwa Gus Nur hukuman penjara selama dua tahunatas kasus dugaan pencemaran nama baik. Ia dianggap melanggar pasal 45 ayat (3) UU ITE.

Adapun hal yang memberatkan Gus Nur adalah membuat orang maupun berbadan hukum merasa terhina. Kedua, Gus Nur tidak menyesali perbuatannya. Sedangkan hal yang meringankan adalah Gus Nur bersikap sopan selama persidangan dan mengakui perbuatannya secara terus terang.

"Terdakwa Sugi secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana mendistribusikan elektronik yang memiliki muatan hinaan. Menjatuhkan penjara selama dua tahun dengan perintah ditahan," ujar JPU Oki saat bacakan tuntutan.

Menanggapi tuntutan dua tahun dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Jatim atas kasus dugaan pencemaran nama baik, Andry Ermawan, penasihat hukum Gus Nur meminta waktu selama dua minggu kepada majelis hakim. Selain dari pihak penasihat hukum, dalam pledoi nanti Gus Nur secara pribadi juga akan mengajukan nota pembelaan.

Dia menghormati hak dari JPU, akan tetapi dia meyakini menggunakan fakta yang didapat akan mematahkan tuntutan. Andry juga optimistis terhadap keterangan dari ahli yang disertakan sebelumnya.

"Dan Gus Nur juga akan mengajukan pembelaan pribadi," terangnya.

Gus Nur mendoakan jajaran kejaksaan atas tuntutan yang dilayangkan kepada dirinya. Dia mendoakan semuanya diberikan kesehatan jasmani dan rohani.

"Mari kita bacakan Al Fatihah supaya semuanya diberi kesehatan. Al Fatihah..," sahutnya, disambut para pengikutnya.

Baca: Aulia Terhuyung saat Reka Adegan Pembunuhan

Laporkan Macan NUsantara

Gus Nur melaporkan pemilik akun Youtube 'Macan NUsantara' bernama Gus Arya ke Mapolda Jatim, Kamis (5/9). Ditemani kuasa hukumnya, Gus Nur melaporkan pemilik akun tersebut ke polisi atas dugaan pencemaran nama baik melalui media sosial YouTube. Menurut Gus Nur konten video yang diunggah di akun tersebut cenderung menyerang sosok pribadinya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved