Soal Peluang Tetty-Vicky-Steven di Pilgub: Begini Analisa Pengamat Politik

Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Utara 2020 diprediksikan berlangsung ketat. PDIP yang awalnya akan mengusung petahana Olly Dondokambey

Soal Peluang Tetty-Vicky-Steven di Pilgub: Begini Analisa Pengamat Politik
istimewa
Tetty Paruntu Tunggu Hasil Survei Maju di Pilgub 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Utara 2020 diprediksikan berlangsung ketat. PDIP yang awalnya akan mengusung petahana Olly Dondokambey, kini ubah haluan. Banteng moncong putih menjagokan Steven Kandouw setelah Olly diplot masuk Kabinet Jilid II Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Peluang kian terbuka dari Partai Nasdem dan Golkar, pesaing PDIP. Vicky Lumentut dan Christiany Eugenia Paruntu sebagai ‘bintang’ kedua partai penantang PDIP itu diperkirakan semakin berpeluang merebut kekuasaan.

Tetty, sapaan Bupati Minahasa Selatan dinilai merupakan lawan seimbang.

Baca: Maju di Pilkada Minut: Joune Ganda Blak-blakan

Ketua Golkar Sulut ini akan berhadapan dengan Steven Kandouw, Vicky Lumentut. Tetty belum mau bicara panjang lebar soal Pilkada 2020. Kata ibunda dari Anggota DPR RI terpilih Adrian Jopie Paruntu, Golkar tetap akan melakukan survei. "Tentunya harus ada survei dulu. Kalau bagus tentunya itu sangat baik," ucap Paruntu, Rabu (14/8/2019).

Namun bocoran yang diterima tribunmanado.co.id, Tetty tinggal menunggu surat keputusan yang akan diterbitkan DPP Golkar atas nama Ketua Umum Airlangga Hartarto. Paruntu sudah hampir pasti akan diusung oleh partai belambang beringin ini pada Pilgub Sulut.

Vicky yang digadang maju Pilgub Sulut 2020 belum banyak berkomentar. "Belum sampai ke sana karena kalau di partai saya itu menganut prinsip survei," ujar Wali Kota Manado ini.

Kata Ketua DPC Nasdem Manado ini, survei belum tahu kapan dilakukan. "Untuk kapan dimulai survei dan selesainya tinggal menanti saja, sejauh ini saya belum tahu ya," ucapnya. Meski demikian, ia menyatakan siap untuk maju Pilgub Sulut 2020 kalau diusung oleh partai.

"(sebagai) Kader dari partai tentu siap menerima penugasan kalau ada perintah dari partai," ujarnya. Ia menambahkan, untuk saat ini, ia masih fokus dengan pembangun Manado.

"Posisinya saat ini saya masih memfokuskan dengan pembangun Kota Manado ke depannya, karena di akhir masa jabatan nanti, saya tidak ingin meninggalkan PR maupun pekerjaan bangunan yang mangkrak," bebernya.

Baca: Dimutasi Mendikbud, Kakak Ipar Jokowi Manut

Steven masih emoh blak-blakan soal wacana maju di posisi papan 1 Pilgub 2020. "Wah, itu mesti tanya ke Pak Gubernur," kata Wagub. Ia menegaskan, posisinya sebagai bawahan yang harus siap menerima perintah. "Anak buah harus siap terima perintah apa saja," kata dia.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved