Kandouw Lawan Sepadan Tetty-Vicky: Begini Analisa Pengamat Politik

Konstelasi politik di Sulawesi Utara berubah cepat usai Kongres V PDIP di Bali. Olly Dondokambey yang masih dipercayakan

Kandouw Lawan Sepadan Tetty-Vicky: Begini Analisa Pengamat Politik
Tribun manado / Ryo Noor
Steven Kandouw dan kader PDIP Sulut hadir di Kongres PDIP 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Konstelasi politik di Sulawesi Utara berubah cepat usai Kongres V PDIP di Bali. Olly Dondokambey yang masih dipercayakan sebagai Bendahara Umum PDIP diplot masuk Kabinet Jilid II Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Wakil Gubernur Steven Kandouw dapat tugas baru menggantikan posisi Olly sebagai gubernur.

Gerak gerbong PDIP ikut menentukan eskalasi menjelang Pilkada Serentak 2020. Sulut akan menggelar pilkada. Spekulasi soal posisi ‘papan dua’, calon wakil gubernur ramai dibicarakan.

Ada sejumlah nama yang mencuat. Mulai Herson Mayulu, Anggota DPR RI terpilih hingga Edwin Silangen, Sekretaris Provinsi Sulut dipredikasikan layak mendampingi Kandouw. Pilihan lain, mengambil kader dari luar partai.

Baca: SBY-AHY-Ibas Bergantian Jaga Eyang Habibah

Steven-Mayulu atau Steven-Edwin akan bertarung dengan ‘joker’ Partai Nasdem Vicky Lumentut-Tatong Bara atau Elly Lasut-Tatong Bara. Dari kubu Partai Golkar, ada Christiany Eugenia Paruntu yang disebut akan bersanding dengan Ketua PAN Sulut Sehan Landjar.

Isu regenerasi ramai di internal PDIP Sulut. Ketua DPC PDIP Kota Manado Richard Sualang mengaku sudah mendengar berita itu di media massa. Kata dia, akan ada waktunya disampaikan langsung Ketua DPD PDIP Sulut Olly ke kader. "Pak Olly ditugaskan partai, kader tidak bisa mencegah, kader harus dukung keputusan partai," ujar Sualang, Senin (12/8/2019).

Keputusan penting partai ini tentu akan secara terbuka disampaikan, mungkin dalam waktu dekat. "Hari Kamis ada pembekalan DPRD-DPR terpilih se-Sulut, mungkin akan disampaikan. Kita tunggu saja," kata dia.

Apapun keputusan partai, Gubernur Olly tetap jadi gubernur atau jadi menteri, kader harus menerima. "Menduduki jabatan seperti itu dalam rangka penugasan partai. Jadi menteri atau kepala daerah itu langsung wewenang Ketua Umum (Megawati Soekarnoputri)," ujar Anggota DPRD Sulut terpilih ini.

Sebagai kader, kata dia, harus dukung semua penugasan partai. "Saya rasa Pak Olly ditugaskan jadi menteri atau ditugaskan jadi gubernur, ditugaskan di mana saja, pasti menerima. Kader di bawah tetap mendukung langkah beliau, kami satu komando dari atas ke bawah, " ungkap dia.

Baca: Rachmawati Menangis Bicara UUD 1945: Ini Kata Try Sutrisno soal Amandemen Melenceng

Ketua DPC PDIP Kota Tomohon, Caroll Senduk pun mengungkapkan hal senada. "Apapun keputusan partai, kita kader PDIP siap laksanakan," kata Wakil Ketua DPRD Tomohon ini. Gubernur ataupun menteri itu penugasan partai, Ibu Megawati pasti sudah punya pertimbangan.

Pengamat politik dari Universitas Sam Ratulangi Alfons Kimbal menilai, sosok Steven pantas dimajukan sebagai calon gubernur dari PDIP jika Olly hendak jadi menteri. "Beliau pantas maju karena beliau merupakan kader terbaik partai moncong putih dan saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Sulut," kata dia.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved