Breaking News:

Ledakan SUTET Desa Malon Timbulkan Korban

Ledakan di lahan sekitar Saluran Udara Tekanan Ekstra Tinggi (SUTET) di RT 1 RW 6 Desa Malon, Gunungpati, Gunungpati, Kota Semarang

Penulis: Tim Tribun Manado | Editor: Lodie_Tombeg
IST
Menara Sutet milik PLN. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ledakan di lahan sekitar Saluran Udara Tekanan Ekstra Tinggi (SUTET) di RT 1 RW 6 Desa Malon, Gunungpati, Gunungpati, Kota Semarang pada Minggu (4/8) lalu menimbulkan dua korban. Mereka adalah Muhammad Said dan Usep Aprianto, warga setempat.

Berdasarkan keterangan istri Usep dan adik sepupu Said, Umi Farikhatun, dua korban sempat terpental karena efek dari ledakan. Said terpaksa dilarikan ke RS Elisabeth.

Baca: Gagal Lolos ke Capim KPK: Basaria Beri Emotikon Tawa

“Dia harus dioperasi, kemarin saya lihat lukanya ada di kaki dan perut,” ujarnya saat ditemui Tribunjateng.com, Selasa (6/8/2019).

Sedangkan, Usep mengalami luka ringan setelah jatuh dari bak mobil pickup saat ledakan. Usep terkena ledakan saat mencoba menolong Said.

“Ada beberapa ledakan di sekitar depan rumah saya, saya benar-benar kaget waktu itu. Para warga baru saja berkumpul melakukan kerja bakti,” tambahnya.

Saat terjadinya kepanikan akibat ledakan dan kebakaran, sejumlah warga berusaha memadamkan api sebisanya. “Ada yang kabel-kabelnya disiram air, ditutup kain,” ujarnya.

Sampai saat ini belum diketahui penyebab pasti dari ledakan. Namun, dari informasi yang dihimpun, ledakan besar terjadi sebanyak lima kali diikuti terbakarnya tanaman, pohon dan kabel jaringan wi-fi desa itu. Kejadian di lahan sekitar SUTET tersebut diduga yang menjadi penyebab mati listrik massal di sebagian wilayah Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten dan Jabodetabek.

Baca: Peluang VAP-Imba-Elly Maju Pilkada 2020: Begini Sikap Mendagri

Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Mabes Polri Cabang Semarang melakukan olah tempat kejadian perkara lokasi ledakan jaringan Sutet di Desa Malon RT 1 RW 6 Kelurahan Gunungpati Kota Semarang, Selasa (6/8). Olah TKP dilakukan di kebun tempat terbakarnya lima batang pohon akibat ledakan jaringan Sutet.

Tim Labfor, bersama Inafis Polrestabes Semarang didampingi petugas PLN, memeriksa kabel telepon dan pohon yang terbakar. Polisi juga memasang garis polisi di ladang yang berada di samping jalan tersebut.

"Data yang dikumpulkan berkaitan dengan aspek-aspek teknis kemudian gejala dan akibat yang ditimbulkan," ujar Kalabfor Cabang Semarang, Kombes Pol Nursamran Subandi di lokasi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved