Pilkada Minsel 2020

Ini Ulasan Pengamat Politik Terkait Konstelasi Pilkada Minsel 2020

Partai besutan Ketua Golkar Sulut juga Bupati Minsel ini, pasti tak mau kehilangan muka dengan mengusung calon-calon jagoannya

Ini Ulasan Pengamat Politik Terkait Konstelasi Pilkada Minsel 2020
Istimewa
Dr Fanley Pangemanan, Pengamat politik dan pemerintahan Sulut 

TRIBUNMANADO.CO.ID, AMURANG - Perhelatan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Minsel 2020 gemanya sudah mulai menggaung pasca-pemilu April lalu.

Kekuatan politik untuk menghantar paslon yang diusung nyata terlihat ketika perolehan suara partai dalam mendudukkan bacalegnya di gedung dewan.

Jika melihat jumlah kursi di DPRD Minahasa Selatan (Minsel) dari 30 kursi, Partai Golkar dan PDI Perjuangan meraih 10, Nasdem 4 kursi, Demokrat 3 kursi, Perindo 2 kursi dan PAN 1 kursi.

"Bicara Pilbup 2020, terlihat petahana tak akan mau kehilangan hegemoni kepemimpinannya di lima tahun mendatang. Partai besutan Ketua Golkar Sulut juga Bupati Minsel ini, pasti tak mau kehilangan muka dengan mengusung calon-calon jagoannya," kata Fanley Pangemanan pengamat politik Sulawesi Utara, Kamis (27/6/2019).

Tersiar kabar, partai ini sudah final dengan figur andalan yang bukan internal partai namun masih dalam lingkaran hubungan emosional elit partai. Dari aspek lokal, ketokohan Michaela Elsiana Paruntu (MEP) di daerah ini telah menggema hingga ke wilayah pelosok.

Baca: PDIP Bakal Jagokan FDW-AGK di Pilkada Minsel

Baca: 3 Birokrat Sulut Bidik Pilkada Minsel, Pengamat Politik: Lihat Saja Pilkada Minahasa dan Sitaro

Baca: Strategi Cerdik Tetty Paruntu Bawa Golkar Minsel Menang Pileg 2019

" Saya yakin bahwa, sosok inilah yang nanti digadang untuk bertarung pada pilkada tahun depan. Persoalan, kepada siapa yang akan mendampingi untuk mengisi papan dua, tergantung mekanisme partai," lanjut mantan Ketua KPUD Minsel ini.

Demikian pula, PDIP yang pada pemilu kali ini tampil gemilang dan nyaris leading mengungguli kekekaran partai berlambang beringin. Sudah pasti ada saja kejutan khusus yang mau dipertontonkan mereka, sehingga membuat Pilkada Minsel akan lebih bergeliat dan lebih menarik dari lalu.

Tampilan PDIP saat ini, jelas akan menyuguhkan figur berkualitas, berpengalaman, berkapasitas dan dikenal baik warga minsel. Artinya, tak akan mau kalah dengan kompetitor partai petahana.

Menurut Pangemanan, PDIP tak akan rela kehilangan muka dan gengsi politisnya. Kenapa? karena tokoh di belakang layar yang kemudian menjadi dalang politiknya ialah, bukan saja figur nomor satu nyiur melambai namun punya pengaruh di tingkat nasional.

Sungguh hal tersebut menjadikan pekerjaan rumah mesin partai di tingkat Minsel untuk berbuat lebih. Berdasarkan komando, Paling tidak ada satu kata yang tak bisa ditawar oleh jajaran pengurus yakni kata menang.

Halaman
123
Penulis: Andrew_Pattymahu
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved