Pasok Kebutuhan Pengungsi Karangetang, Bupati Sitaro Minta Diberikan Helikopter

Bupati mengatakan, Batubulan sudah masuk dalam area rawan pangan karena terisolasi.

Pasok Kebutuhan Pengungsi Karangetang, Bupati Sitaro Minta Diberikan Helikopter
Tribun Manado
Bupati Sitaro Evangelian Sasingen bersama Wabup John Palandung mengunjungi berkoordinasi di pos pengamatan Gunung Karangetang, Jumat (8/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID, SIAU - Bupati Sitaro Evangelian Sasingen dan Wakil Bupati John Palandung mendatangi pos pengamatan Gunung Karangetang, Jumat (19/2/2019).

Mereka diterima oleh Kepala Pos Yudia Tatipang dan Kasubid Mitigasi Gunung Api Wilayah Indonesia Timur. Turut hadir personel Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sitaro.

Di tempat itu mereka berbincang dan berbagi informasi soal Karangetang yang statusnya kini sudah darurat karena keluarnya guguran lava.

Bupati mengatakan bahwa mereka sudah dua hari mencoba menuju ke Batubulan, daerah yang terisolasi karena aliran lava Karangetang, namun tak kesampaian.

Baca: Ini Penjelasan PVMBG Bandung Soal Aktivitas Gunung Karangetang

Baca: BPBD Kotamobagu Buka Posko Bantuan Bencana Manado dan Gunung Karangetang

Situasi belum memungkinkan mereka menuju ke sana, namun ia menyebut masih ada perahu yang bisa tembus untuk membawa bantuan.

"Jadi bantuan mereka di sana sudah distok selama 15 hari dan masih mencukupi. Yang masih diperlukan yaitu BBM dan peralatan mandi," jelas Sasingen.

Dengan sulitnya akses ke Batubulan, Pemerintah Sitaro sangat membutuhkan helikopter.

"Kalau bisa helikopter agar kami bisa memantau secara langsung keadaan masyarakat di sana. Laut sementara bergelora dan jalan darat sangat sulit dilalui, apalagi kondisinya hujan seperti saat ini," ujar dia.

Baca: Data Terbaru Jumlah Pengungsi Dampak Erupsi Karangetang

Baca: Lokasi Pengungsian Guguran Lava Gunung karangetang di Shelter Paseng Masih Kurang Tempat Tidur

Meskipun kondisi gunung api saat ini cenderung menurun dari aktivitas kegempaan, dikhawatirkan hujan turun bisa mengakibatkan banjir.

Halaman
12
Penulis: Alpen_Martinus
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved