Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang: TNI Harus Netral!

Jangan terpengaruh pada berbagai isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang: TNI Harus Netral!
tribunmanado
Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Netralitas TNI kembali harus ditunjukkan di Pesta Demokrasi 2019. Pernyataan ini disampaikan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang saat membacakan pesan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto

Menurut Kapendam XIII/Merdeka Kolonel Kav M Jaelani dalam keterangan persnya Jumat (18/1/2019) menambahkan, Pemilihan umum (pemilu) legislatif dan pemilihan presiden harus berjalan dengan lancar, aman, damai dan sukses. Stabilitas Nasional harus tetap terjaga sebelum, selama dan setelah pemilihan tersebut.

Lanjut Kapendam XIII/Merdeka ketegasan panglima TNI kepada prajurit TNI untuk netral dijabarkan dengan penyampaian Pangdam dihadapan seluruh personel dan jajaran dalam upacara 17-an bulan Januari 2019 di Makodam XIII/Merdeka.

Panglima TNI juga memerintahkan kepada seluruh prajurit dan PNS TNI untuk berpegang teguh pada pedoman netralitas.

"Jangan terpengaruh pada berbagai isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Pegang teguh rantai komando dan laporkan kepada Komandan Satuan bila menemui kendala," jelas Panglima TNI.

Ditegaskan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bahwa kondisi regional dan global tidak boleh luput dari pengamatan dan antisipasi TNI. Ancaman terorisme, separatisme, radikalisme serta berbagai ancaman kejahatan lintas negara harus dapat diatasi.

Demikian pula dengan kemungkinan terjadinya bencana alam yang dapat terjadi sewaktu-waktu, karena kondisi geografis Indonesia memang mengharuskan kita memiliki kesadaran terhadap potensi dan penanggulangan bencana alam.

"Semua itu terasa sangat berat manakala tidak menyadari betapa mulianya tugas yang kita emban. Sadarilah bahwa jerih payah para Prajurit dan PNS TNI juga menjadi ibadah dihadapan Tuhan Yang Maha Kuasa," ujar Panglima.

Selain itu dalam setiap pelaksanaan tugas pokoknya, Palima mengingatkan bahwa TNI harus bersatu dan manunggal bersama rakyat.

"Spektrum ancaman semakin kompleks yang menuntut kerja keras dan komitmen TNI serta seluruh komponen negeri ini. Sinergi dengan berbagai Kementerian dan Lembaga serta seluruh komponen bangsa harus dipelihara dan ditingkatkan, tidak sekedar menjadi selogan," ujarnya.

Hadir dalam kegiatan upacara ini diantaranya Kasdam XIII/Mdk, Irdam XIII/Mdk, Para Asisten Kodam, Para Kabalakdam dan peserta Upacara. (*)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved