Sitaro Sulawesi Utara

Ragam Bantuan Pemkab Kepulauan Sitaro Bagi Korban Banjir Bandang di Kampung Bandil Sulawesi Utara

Pemkab Kepulauan Sitaro memberikan berbagai bantuan kepada korban banjir bandang. Bantuan berupa sandang dan pangan.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Isvara Savitri
Tribunmanado.co.id/Istimewa
Bantuan yang diberikan Dinas Sosial dan BPBD Kepulauan Sitaro kepada korban banjir bandang di Kampung Bandil, Sitaro, Sulawesi Utara. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, SITARO - Gerak cepat dilakukan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) dalam menangani bencana banjir bandang di Kampung Bandil, Kecamatan Siau Timur Selatan, Sitaro, Sulawesi Utara.

Salah satunya dengan menyalurkan bantuan darurat bagi para warga yang terdampak bencana akibat curah hujan yang tinggi serta dugaan hantaman puting beliung itu.

Sejak Minggu malam pasca kejadian, baik Dinas Sosial, Palang Merah Indonesia (PMI), serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sitaro, langsung menyerahkan beberapa jenis bantuan.

Kepala Bidang Darurat dan Logistik BPBD Sitaro, Sonny Balseran, mengatakan bantuan yang telah diserahkan meliputi family kit, selimut, hingga tikar.

"Jumlah yang kami salurkan sesuai dengan data yang diterima dari pemerintah setempat. Nantinya kami juga akan menyalurkan kasur untuk para pengungsi," kata Sonny, Senin (19/12/2022).

Selain bantuan darurat, BPBD juga memberikan bantuan kepada keluarga korban di Kampung Sawang yang tewas terseret arus banjir di salah satu Kali Kering di dekat kediaman korban.

"Bantuan berupa 10 sak semen kepada keluarga korban meninggal dunia," beber Sonny saat dijumpai di lokasi bencana alam.

Sementara itu, dari pihak Dinas Sosial juga telah menyalurkan beberapa bentuk bantuan di antaranya selimut, beras, supermie, makanan siap saji, lauk pauk, gula, dan kopi.

"Itu bantuan yang kami serahkan Minggu malam. Nah siang ini juga ada bantuan yang akan kami salurkan di lokasi pengungsian di Kampung Bandil," ungkap Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Sitaro, Noldy Mameroh.

"Untuk hari ini juga telah diserahkan bantuan serupa termasuk untuk keluarga korban yang meninggal dunia," lanjut Mameroh.

Baca juga: Ferdy Sambo Bantah Kesaksian Saksi Ahli, Tegas Yakini Putri Candrawathi Dilecehkan Brigadir J

Baca juga: 261 Siswa Diktuba Polri Diberi Pembekalan Kapolda Sulawesi Utara, Bahas Soal Etika di Lapangan

Sementara itu, terpantau ada sejumlah petugas kesehatan dari Puskesmas Sawang yang disiagakan di dua lokasi, yakni Terminal Penumpang Pelabuhan Sawang serta Gedung GMIST Jemaat Bandil.

Banjir Bandang di Kampung Bandil Kepulauan Sitaro, 8 Rumah Terdampak, 35 KK Diungsikan ke 2 Lokasi

Sebanyak delapan rumah terdampak banjir bandang yang terjadi di Kampung Bandil, Kecamatan Siau Timur Selatan, Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara.

Dari delapan rumah tersebut, dua di antaranya mengalami kerusakan sedang hingga berat setelah material banjir bandang berupa pasir, bebatuan, hingga lumpur, masuk ke dalam rumah.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved