Sitaro Sulawesi Utara

Kejari Kepulauan Sitaro Sulawesi Utara Musnahkan Barang Bukti Perkara Pidana Umum Tahun 2022

Kejaksaan Negeri Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) melakukan pemusnahan barang bukti, Rabu (7/12/2022).

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Octavian Hermanses/Tribun manado
Proses pemusnahan barang bukti yang berlangsung di depan kantor Kejaksaan Negeri Sitaro. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kejaksaan Negeri Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) melakukan pemusnahan barang bukti, Rabu (7/12/2022).

Barang bukti hasil penanganan perkara tindak pidana umum tahun 2022 itu dimusnahkan di halaman gedung kantor Kejari Kepulauan Sitaro, di Kelurahan Ondong Kecamatan Siau Barat.

Baca juga: Asisten Pelatih Inggris di Piala Dunia 2022, Ingatkan Cari Kelemahan Mbappe

"Barang-barang bukti ini berasal dari tujuh perkara tindak pidana umum yang ditangani kejaksaan," kata Kepala Seksi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan, Lintong Samuel.

Ia menjelaskan, pemusnahan barang bukti merupakan salah satu tugas jaksa dalam melaksanakan putusan pengadilan.

Dimana pemusnahan tersebut tertuang dalam Surat Perintah Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Sitaro Nomor: PRINT 171/P.1.20.6/Kpa.07/12/2022.

Selain itu, pemusnahan juga dalam rangka penyelesaian penanganan perkara tindak pidana dan bertujuan untuk menghindari adanya penyalahgunaan atau penyimpangan terhadap barang bukti yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap.

"Ini (pemusnahan) merupakan bentuk pertanggungjawaban kami terhadap penanganan perkara pidana maupun barang bukti yang ada," ujarnya.

Adapun barang bukti yang dimusnahkan antara lain, handphone, buku rekapan togel dua buah, lembaran shio, pulpen, kaos maschino, celana pendek, ATM BNI serta beberapa jenis senjata tajam.

"Metode pemusnahannya beragam. Ada yang dihancurkan dengan palu maupun alat pemotong, ada yang diblender, ada pula yang di bakar dan kemudian dikubur dalam tanah," terang Samuel.

Proses pemusnahan itu sendiri dilakukan secara sombolis dari perwakilan-perwakilan instansi terkait antara lain Polres Kepulauan Sitaro maupun Lapas Kelas II B Ulu Siau.

Yang mana hadir mewakili Polres Kepulauan Sitaro, yakni Kasat Reskrim Iptu Dedi Polla serta Kalapas Kelas II B Ulu Siau, Stady Umboh. 

Tentang Sitaro

Sitaro adalah singkatan dari Siau Tagulandang Biaro.

Sitaro merupakan salah satu Kabupaten Kepulauan di provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved