Minsel Sulawesi Utara

Berdayakan Gula Aren di Desa Makasili Minsel Sulawesi Utara, Unsrit Lolos PKMS dari Kemenristekdikti

Tim dosen Unsrit yang diketuai Oleh Tirsa Julianti Saruan dan anggota peneliti Angela Adam, merupakan salah satu yang lolos dalam Kompetitif PKMS.

Penulis: Nelty Manamuri | Editor: Chintya Rantung
IST
Program Pemgabdian Kepada Masyarakat di Desa Makasili 

TRIBUNMANADO.CO.ID – Pengabdian Kepada Masyarakat Stimulus (PKMS) merupakan salah satu skema yang ditawarkan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) sebagai upaya untuk menunjang Tridharma perguruan tinggi yang bertujuan meningkatkan produktivitas dosen tetap Perguruan tinggi.

Skema PKMS ini merupakan Kompetitif Nasional. Tim dosen Universitas sari putra Indonesia Tomohon (Unsrit) yang diketuai Oleh Tirsa Julianti Saruan dan anggota peneliti Angela Adam, merupakan salah satu yang lolos dalam Kompetitif PKMS.

Ketua Tim PKMS Tirsa Julianti Saruan mengatakan, Pengusaha Gula aren atau biasa disebut (Gula batu) di desa makasili masih identik dengan usaha yang biasa saja dengan keuntungan yang kecil.

"Potensi gula aren sangat besar, hanya belum di kelola dengan baik oleh pengusaha gula aren itu sendiri. Sehingga diperlukan terobosan baru untuk membantu meningkatkan penjualan dan penghasilan pengusaha Gula aren yang berada di desa Makasili," Kata saruan, ketika dikonfirmasi Selasa,(27/09/2022).

Lanjut Kata Tirza, melalui observasi langsung pada mitra pengusaha gula aren, mitra tidak memiliki strategi pemasaran yang baik apalagi memanfaatkan digital marketing untuk menunjang penjualan gula aren.

"mitra juga belum paham kualitas produk yang dipasarkan. Karena gula aren yang di hasilkan tidak di packing dan tidak diberikan logo untuk Branding," Sambungnya.

Tirsa Menjelaskan, tujuan khusus dari kegiatan PKMS ini untuk melakukan Implementasi teknologi digital marketing dan pelatihan peningkatan kualitas produk kepada mitra gula aren untuk meningkatkan penghasilan pada pengusaha gula aren di desa Makasili, kecamatan kumelembuai, Kabupaten minahasa selatan, Provinsi sulawesi utara.

"Fokus Pelatihan adalah Memanfaatkan digital marketing khususnya FBads yaitu Fungsi-Fungsi yang ada dalam FBads.

Metode yang diterapkan dalam PKMS ini adalah yang pertama Sosialisasi untuk membangun persepsi dan pemahaman Mitra mengenai program yang akan di terapkan.

Kedua yaitu untuk Implementasi teknologi digital marketing dan pelatihan peningkatan kualitas produk untuk meningkatkan penghasilan pada pengusaha gula aren di desa Makasili," bebernya.

Melalui pemberian pengetahuan, teknologi digital marketing dan pemberian alat-alat penunjang seperti Belanga goreng dan lain-lain manajemen usaha dan pemasaran produk diharapkan dapat meningkatkan penghasilan pengusaha gula aren di desa makasili.

"Melalui kegiatan PKMS ini diharapkan bisa mengubah konsep pemikiran pengusaha gula aren dan keluarga, terutama mengenai kemampuan dalam mengelola keuangan yang disesuaikan dengan penghasilan. Sehingga bisa menumbuhkan kesadaran bagi mitra untuk meningkatkan penghasilan untuk kesejahteraan keluarga. Dan yang terakhir kiranya ilmu dari setiap tahapan kegiatan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh mitra," kunci Saruan.

Menurut mitra Novy Pangalila menjelaskan kegiatan PKMS ini sangat membantu dan menambah wawasan mereka tentang manajemen usaha dan cara pemasaran produk yang baik.

"Karena kami sudah bisa menjual gula aren tidak hanya di desa makasili, tapi bisa menjangkau banyak orang yang ada di luar desa makasili. Kegiatan PKMS ini juga membantu mitra dalam memanage keuangan agar hasil keuntungan bisa dimanfaatkan dengan maksimal," imbuh Novy salah satu mitra PKMS.

Diketahui pelaksanaan PKMS sudah dilakukan sejak 23 Agustus 2022 lalu dan saat ini menurut Tirza program PKMS sudah terelisasi dengan baik. (Nel)

Baca juga: Rezeki yang Tidak Baik, Ini Penjelasan Buya Yahya

Baca juga: 10 Fakta Kriss Hatta Pacari Artis 14 Tahun Selisih 20 Tahun, Direstui hingga Ingin Menikah Lulus SMA

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved