Advetorial

Bupati Cup I 2022, Sam Sachrul Mamonto: Tak Sedikit Pemain Dunia Lahir dari Sepakbola Kampung

Bupati Cup I 2022 menjadi ajang turnamen sepakbola paling ditunggu-tunggu masyarakat Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sulawesi Utara

Penulis: Rafsan Damopolii | Editor: Chintya Rantung
IST
Sam Sachrul Mamonto saat sambutan pada pembukaan turnamen sepakbola Bupati Cup I 2022, Kamis (22/09/2022). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bupati Cup I 2022 menjadi ajang turnamen sepakbola paling ditunggu-tunggu masyarakat Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sulawesi Utara (Sulut).

Bergulir sejak 19 September hingga 9 Oktober 2022 mendatang, turnamen ini mempertandingkan 81 tim perwakilan dari desa se Boltim.

Bupati Boltim, Sam Sachrul Mamonto memberikan arahan kepada seluruh pemain dan penyelenggara dalam pembukaan turnamen sepakbola Bupati Cup I 2022 di Lapangan Paret Kotabunan.
Bupati Boltim, Sam Sachrul Mamonto memberikan arahan kepada seluruh pemain dan penyelenggara dalam pembukaan turnamen sepakbola Bupati Cup I 2022 di Lapangan Paret Kotabunan. (Rafsan Damopolii/Tribun Manado)

Pihak Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Boltim diitunjuk lansung sebagai penyelenggara turnamen bersama Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Boltim sebagai pengawas pertandingan.

Upacara pembukaan Bupati Cup musim pertama tersebut dihelat di Lapangan Paret, Kecamatan Kotabunan pada Kamis (22/09/2022) sore.

Dalam sambutannya, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto mengatakan, turnamen ini tak sekadar ajang pesta olahraga rakyat, namun juga momentum pembangunan karakter.

"Olahraga bola kaki ini, tak hanya sekadar menendang bola. Sebab, olahraga berperan penting dalam pembangunan sebuah negara. Ada nilai sportivitas, ada nilai semangat menggapai cita-cita. Olahraga ini juga melatih mental kita," kata dia.

Untuk itu, ia meminta seluruh tim, pemain dan panitia agar tetap menjunjung tinggi fair play.

"Dalam kompetisi, ada menang ada kalah. Silahkan bertempur bertanding habis-habisan. Tapi apapun hasilnya, harus diterima. Persaingan hanya di dalam lapangan, di luar lapangan tetap bersaudara," pintanya.

Bupati SSM juga memberi motivasi kepada para pemain agar memanfaatkan turnamen itu untuk mengasah kemampuan, dan menunjukkan permainan terbaiknya.

Sam Sachrul Mamonto saat sambutan pada pembukaan turnamen sepakfghjfg
Sam Sachrul Mamonto saat sambutan pada pembukaan turnamen sepakbola Bupati Cup I 2022, Kamis (22/09/2022).

"Tak sedikit, pemain dunia yang lahir dari turnamen-turnamen kecil. Tak sedikit pemain hebat yang lahir dari sepakbola kampung. Ronaldinho misalnya," tutur Mamonto berapi-api.

Laga pembukaan ditandai dengan kick off atau tendangan pertama oleh Bupati Sam Sachrul Mamonto didampingi, Forkopimda, Ketua Koni Boltim, Reevy Lengkong dan Pengurus Askab PSSI Boltim.

Turnamen Bupati Cup Boltim menggunakan alokasi anggaran Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dan KONI Boltim selaku penanggung jawab kegiatan.

81 Tim yang terdaftar dalam turnamen ini bakal memperebutkan piala bergilir Bupati Boltim, hadiah utama medali emas dan uang tunai senilai 10 juta rupiah.

Sam Sachrul Mamonto saat sambutan pada pembukaan turnamen sepakbola Bujfgjh
Sam Sachrul Mamonto saat sambutan pada pembukaan turnamen sepakbola Bupati Cup I 2022, Kamis (22/09/2022).

Sebelum itu, seluruh tim yang ada mesti beradu strategi, taktik dan kemampuan di lapangan hijau pada fase knockout atau fase gugur, yang dijadwalkan berlansung mulai 19 September hingga 9 Oktober 2022 mendatang.

Turnamen sepakbola Bupati Cup I 2022 Boltim juga sebagai ajang KONI Boltim menyeleksi pemain-pemain terbaik untuk mengisi skuad cabang olahraga sepakbola pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulut, di Bolaang Mongondow.

Baca juga: Akhirnya Terungkap Kehidupan Asli Bocah Okky Boy, Cari Nafkah Kerja Jadi Tukang Parkir & Cuci Piring

Baca juga: Resmi Tutup Pendampingan Akselerasi Platform Merdeka Mengajar, Kadisdikbud Bolsel Harap Ini

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved