Sangihe Sulawesi Utara

Pantau Alat Pembuat Kain Koffo di Sangihe, Tamuntuan Rencana Tambah 1 Alat dan Hadirkan Narasumber

Pj Bupati Kepulauan Sangihe menemukan masih ada dua kelompok yang kesulitan menggunakan alat pembuatan kain koffo. Nanti akan dihadirkan narasumber.

Penulis: Nelty Manamuri | Editor: Isvara Savitri
Tribunmanado.co.id/HO
Pj Bupati Sangihe, dr Rinny Tamuntuan, meninjau mesin tenun kain koffo di Kampung Lenganeng, di dampingi Kapitalaung, H.O Sasundu (kiri), dan Pengurus Kelompok, Lekumina Masihor. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, SANGIHE – Disela-sela tugas sebagai Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, dr Rinny Tamuntuan meninjau alat pembuatan kain koffo di Desa Lenganeng, Kecamatan Tabukan Utara, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

Beberapa kendala yang ditemui Tamuntuan saat meninjau, yakni kelompok penenun kain koffo kesulitan menggunakan alat tenun.

"Sudah ada dua kelompok yang terbentuk namun kesulitan menggunakan alat tersebut," ucap Tamuntuan saat dikonfirmasi, Sabtu 10/09/2022).

Tamuntuan melanjutkan, kedepan pihaknya akan mendatangkan orang yang paham menggunakan alat tersebut.

"Dibanding kelompok penenun harus bimtek keluar daerah, lebih murah kita datangkan alhlinya di bidang tersebut," Kata bupati perempuan pertama di Sangihe ini.

Dirinya juga menambahkan, jika sudah berjalan dengan baik, maka kedepan Pemkab Sangihe bisa menampilkan kain koffo Sangihe.

Baca juga: Bocoran Cerita Sinetron Ikatan Cinta Selasa 13 September 2022, Andin Luapkan Kekesalan, Aldebaran?

Baca juga: Ferdy Sambo: Saya Enggak Pernah Nyuruh Dia, Bantah Perintahkan Isi Peluru ke Senjata Bharada E

"Kain koffo memang harus ditunjukkan ke publik, oleh karena itu kedepan kain koffo ini nanti akan digunakan oleh ASN dan THL di hari kerja," ungkap Kepala Definitif Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Utara.

Terpisah, Kapitalaung Kampung Lenganeng, Heski O Sasundu, mengungkapkan pembicaraannya dengan Tamuntuan usai peninjauan.

Tamuntuan mengungkapkan kepada Heski bahwa akan mendatangkan narasumber dan satu alat tenun yang manual.

Pj Bupati Sangihe tinjau mesin tenun pembuat kain koffo di Kampung Lenganeng
Pj Bupati Sangihe, dr Rinny Tamuntuan, meninjau mesin tenun kain koffo di Kampung Lenganeng, di dampingi Kapitalaung, H.O Sasundu (kiri), dan Pengurus Kelompok, Lekumina Masihor.

"Bupati akan berupaya untuk mendatangkan narasumber dan menambah 1 alat tenun manual," ucap Heski ketika dikonfirmasi via telepon, Selasa (13/09/2022).(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved