Bursa Capres

Puan Maharani Capres Perempuan Paling Tinggi Elektabilitas, Sebut 6 Nama Masuk, Ada Susi dan Risma

Sebenarnya pemilih perempuan sangat seksi di Pemilu 2024. Hal ini karena penduduk Indonesia jumlah perempuan lebih banyak dari lelaki.

Editor: Aswin_Lumintang
DOK. HANDOUT
Potret Puan Maharani, Megawati dan Prabowo Subianto. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Sebenarnya pemilih perempuan sangat seksi di Pemilu 2024. Hal ini karena penduduk Indonesia jumlah perempuan lebih banyak dari lelaki. Sehingga potensi pemilih perempuan harus benar-benar menjadi perhatian partai politik dan bakal calon presiden.

Menariknya lagi, selama pemilihan Presiden dipilih secara langsung oleh masyarakat belum pernah terpilih Presiden perempuan. Di awal Pilpres dipilih oleh masyarakat sebenarnya Megawati Soekarnoputri sebenarnya dua kali ikut pencalonan tetapi kalah suara.

Karena itu, Capres perempuan tidak ada salahnya dicoba di Pemilu 2024 kali ini.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri depan) dan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani (kanan depan) beserta jajaran petinggi partai saat melakukan pertemuan di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (4/9/2022). Pertemuan tersebut merupakan bagian dari safari politik dan komunikasi politik Puan Maharani jelang Pemilu 2024.
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri depan) dan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani (kanan depan) beserta jajaran petinggi partai saat melakukan pertemuan di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (4/9/2022). Pertemuan tersebut merupakan bagian dari safari politik dan komunikasi politik Puan Maharani jelang Pemilu 2024. ((ANTARAFOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA))

Beberapa nama mulai muncul di survei yang diadakan oleh berbagai lembaga survei.

Terakhir Lembaga Survei KedaiKOPI memaparkan hasil riset terkait calon presiden dari kalangan wanita.

Hasilnya, ditemukan ada 6 calon presiden perempuan yang disebutkan oleh pemilih dalam pertanyaan terbuka tentang elektabilitas.

Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo dalam diskusi virtual Polemik MNC Trijaya bertajuk ‘Elektabilitas Capres dalam Bingkai Survei, Sabtu (3/9/2022).

Baca juga: Segini Kekayaan Suharso Monoarfa, Baru Diberhentikan Sebagai Ketua DPP PPP, Utangnya Juga Banyak

Baca juga: Kamaruddin Simanjuntak Sebut Putri Candrawathi Selalu Berbohong, Desak Segera Ditahan

Keenam nama tersebut di antaranya Puan Maharani dengan 9,6 persen, Megawati Soekarnoputri 0,7 persen, Susi Pudjiastuti 0,6 persen, Khofifah Indar Parawansa 0,6 persen, Tri Rismaharini 0,5 persen dan Sri Mulyani 0,2 persen.

“Jadi paling tidak ada enam nama pwrempuan yang muncul dari responden itu sendiri. ini pertamyaan terbuka,” kata Kunto Adi Wibowo.

“Dan di sini, kelihatan efek atau rembesan dari persetujuan presiden perempuan tadi,” ujarnya menambahkan.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved