Internasional

Pandemi Covid-19 Tak Kunjung Selesai, China Kembali Lockdown hingga Akhir Pekan

Pandemi Covid-19 tak kunjung selesai, terutama dari negara asal dugaan virus ini, China. Pekan ini, pemerintah China kembali menerapkan pembatasan.

Editor: Isvara Savitri
Tribunnews.com/AFP/NOEL CELIS
Seorang petugas kesehatan mengambil sampel swab dari seorang wanita untuk diuji virus corona Covid-19 di tempat pengumpulan swab di Beijing pada 25 Mei 2022. - China kembali memberlakukan pembatasan atau lockdown Covid-19 untuk mencegaj penyebaran klaster kecil virus Corona di beberapa kota besarnya. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Selasa (30/8/2022), China kembali memberlakukan pembatasan atau lockdown.

Lockdown tersebut berkaitan dengan pandemi virus corona (Covid-19) yang tak kunjung selesai.

Sebanyak hampir empat juta orang di Provinsi Hebei diminta tetap tinggal di rumah hingga akhir pekan.

Hal ini bertujuan menekan penyebaran Covid-19 dalam klaster kecil.

Bahkan, di kota pelabuhan tetangga Tianjin, lebih dari 13 juta orang harus menjalani tes massal yang dimulai pada pukul 06.00 waktu setempat.

Tes tersebut dilakukan usai ditemukan 51 kasus yang sebagian besar ringan, dilaporkan.

Longhua, sebuah distrik Shenzhen dengan 2,5 juta penduduk, pada hari Selasa menutup berbagai tempat hiburan dan pasar grosir, dan menangguhkan acara besar.

Orang-orang harus menunjukkan bukti hasil tes negatif dalam waktu 24 jam untuk memasuki kompleks perumahan, dan restoran harus membatasi jumlah pelanggan tidak lebih dari 50 persen dari kapasitas mereka, kata otoritas distrik Longhua.

Lockdown kemungkinan akan diberlakukan hingga hari Sabtu, Channel News Asia melaporkan.

Langkah-langkah tersebut mengikuti langkah-langkah serupa yang diumumkan pada hari Senin yang mencakup tiga distrik lain yang mempengaruhi lebih dari 6 juta di Shenzhen, yang telah memerangi beberapa wabah sub-varian Omicron tahun ini.

Baca juga: Prabowo Subianto Disebut Jadi Cawapres Puan Maharani pada Pemilu 2024, Ini Kata Gerindra

Baca juga: 3 Anime Genre Psychological yang Tayang di Situs anoBoy, Subtitle Indonesia, Ada Shinsekai Yori

Sementara pejabat kota belum mengumumkan penundaan total untuk tahun ajaran baru, enam orang tua dengan anak-anak di sekolah dasar dan menengah mengatakan sekolah mereka telah memberi tahu mereka tentang penundaan.

Di Dalian, pelabuhan utama di timur laut China yang penting untuk impor kedelai dan bijih besi, daerah perkotaan utama dengan sekitar 3 juta penduduk pada Selasa memasuki lockdown yang berlangsung hingga Minggu.

Rumah tangga hanya diperbolehkan mengirim satu orang per hari untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Selama lockdown, beberpa pekerja harus bekerja dari rumah, sementara perusahaan manufaktur harus mengurangi staf yang masuk kerja dan hanya menjalankan operasi dasar dan mendesak.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved