Breaking News:

Boltim Sulawesi Utara

Kabela Fest 2022, Meriahkan HUT ke-14 Boltim, Tampilkan Berbagai Atraksi Adat dan Budaya

Berbagai atraksi adat dan budaya, ditampilkan pada malam puncak Kabela Fest 2022.

Ist
Bupati Boltim saat memainkan alat musik kolintang pada malam puncak Kabela Fest 2022. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Berbagai atraksi adat dan budaya, ditampilkan pada malam puncak Kabela Fest 2022.

Ini rangkaian dari perayaan hari ulang tahun Kabupaten Bolaang Mongondow Timur ke-14, di Lapangan Gogaluman Ibu Kota Tutuyan, Kamis (21/7/2022) kemarin.

Rangkaian kegiatan tersebut mulai dari tarian kabela, drama teatrikal perjalan Bogani Inde Dou dan Sadohe di wilayah Bolaang Mongondow Trimur, tari saronde dari Kota Gorontalo, tarian timur tengah (sambra), pertunjukan musik kolintang, band, dan lain sebagainya.

Acara Kabela Fest 2022, dihadiri langsung oleh sejumlah pejabat tinggi Sulawesi Utara, pejabat daerah tetangga, Kapolres Boltim, Dandim 1303, dan para pejabat yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Tak hanya itu ribuan warga Bolaang Mongondow Timur, turut hadir untuk menyaksikan kegiatan tersebut.

Dalam pembukaan acara, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto, dalam sambutan menyampaikan bahwa melestarikan adat dan budaya adalah bentuk kecintaan terhadap daerah.

"Mogoguyang (orang tua terdahulu) sudah meninggalkan pesan leluhur yakni Mototompiaan, Mototabian, bo Mototanoban. Pegang pesan semboyan ini sebagai pegangan kita, maka kita akan hidup damai, ucapnya.

Kegiatan ini, juga ingin menggali semua potensi yang ada di Bolaang Mongondow Timur. Mulai dari potensi budaya, wisata dan pontensi lainnya. Karena Bolaang Mongondow Timur, sepotong surga yang dikasih Allah SWT, maka tugas kita harus menjaga dan mensyukuri," sebutnya.

Dikatakannya, Kegiatan festival seperti ini, menghadirkan artis luar atau dari Jakarta itu perlu. Tapi menghargai karya anak muda Bolaang Mongondow Timur itu, jauh lebih hebat.

“Anak-anak muda Bolaang Mongondow Timur, sangat hebat, maka agenda seperti ini akan saya lakukan setiap tahun," katanya.

Usai sambutan, Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sam Sachrul Mamonto dan Oskar Manoppo, didampingi istri masing - masing, Ketua DPRD Bolaang Mongondow Timur, Fuad. S. Landjar memotong kue ulang tahun, sebagai ucapan dan rasa syukur atas bertambahnya usia Kabupaten Bolaang Mongondow Timur yang ke - 14 tahun.

Pada penghujung acara, Kabela Fest 2022, juga disertai dengan pesta kembang api, dan tarian dana-dana yang dipimpin Bupati Boltim.

Baca juga: Walikota Kotamobagu Menerima Penghargaan KLA Kategori Nindya Tingkat Nasilan Tahun 2022

Baca juga: Potret Anak Artis Nia Ramadhani Mikhayla Bakrie, Jadi Sorotan Saat Bergaya Kenakan Tank Top

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved